13 Strategi SEO untuk bisnis anda

13 Strategi SEO untuk bisnis anda

Metode Pemasaran yang paling murah dan bisa bertahan cukup lama dalam bisnis di internet, adalah SEO, Search engine Optimazation, dengan memanfaatkan internet untuk keperluan bisnis di tahun 2020 seperti sekarang ini adalah sesuatu yang biasa dan wajib, jika anda tidak segera mengintegrasikan bisnis anda ke dalam internet, maka kompetitor anda akan segera mendahului, untuk dapat bertarung di dunia internet, anda memerlukan strategi SEO!

Ada begitu banyak strategi SEO yang beredar, sehingga sangat membingungkan dan menjadi sebuah misteri, banyak pakar SEO menyarankan strategy SEO yang berbeda – beda, anda tidak perlu mempelajari semua teknik SEO sehingga menjadi “Pakar SEO” yang pada akhirnya melupakan tujuan bisnis anda: melayani pelanggan (berkutat pada hal – hal teknis, mendadak jadi “pakar SEO” musiman), yang akhirnya berasumsi bahwa,”Bisnis Online itu susah”, “saya ga bakat bisnis online”, “Bisnis Online saingannya banyak” dll dll.

Jangan terlalu banyak menyerap informasi pada hal – hal teknis, yang mengakibatkan stress, pilih strategi SEO yang sesuai dengan bisnis yang anda geluti untuk mendapatkan traffic, trending di keyword pilihan dan menghasilkan conversion rate yang tepat guna, Mix & Match strategi SEO yang sesuai untuk goals anda.

Berikut rangkuman tips 13 strategi dasar SEO untuk bisnis online untuk mencapai goals anda

  1. Kenali Teknik – teknik dasar SEO

Teknik SEO adalah proses mengoptimalkan website pada fase crawling dan indexing yang akan membantu search engine untuk crawl (merayapi, interpret dan meng-index website tanpa kesalahan, sehingga dapat mengoptimalkan hasil SEO yang di dapat, disebut teknik karena tidak ada hubungannya dengan konten dan promosi website, karena ini lebih ke meningkatkan visibilitas

Ada tiga pilar utama dari SEO:

  • On-page SEO, Optimasi SEO yang dilakukan dari dalam, misal, yang berkaitan dengan content, halaman error 404, speed load dll
  • Off-page SEO, Optimasi yang dilakukan dari luar wesbite, misal link building
  • Technical SEO. Teknik – teknik yang dirancang untuk menjadikan SEO On page dan Off page menjadi akurat dan bertahan dengan baik, misal, memilih link building edu dan situs PBN berkualitas

Kita bisa membuat beberapa checklist untuk menciptakan technical SEO yang baik, berikut beberapa contoh checklist yang dapat anda lakukan:

  1. Menginfokan search bots bagaimana mereka meng-crawl website Anda, ini dapat anda lakukan pada Google search console
  2. setelah mendaftarkan website anda pada Google search console, Google search console akan mengirimkam Error codes apa yang salah di website Anda
  3. Halaman dengan url, code, dan konten yang sama dan dapat membingungkan crawler.
  4. Gunakan Secure Socket Layer untuk mengenkripsi informasi antar server dan browser.
  5. Membantu user dan bot untuk menjelajah website anda.
  6. Pastikan website Anda beradaptasi terhadap berbagai macam mobile devices.

2. Audit link Website

Link audit adalah dimana anda menganalisa link yang anda miliki (atau link profile) dan menilai seberapa bagus link tersebut untuk website anda. Link Audit yang baik juga akan menampilkan berbagai macam link yang berbahaya, dan juga dapat membantu anda dalam bersaing dengan kompetitor, meningkatkan SEO, dan masih banyak lagi.

Beberapa contoh macam-macam komponen yang akan muncul ketika melakukan proses Link Audit :

  • Backlink analysis
  • Backlink competitor analysis
  • Anchor text distribution/analysis
  • Broken link building strategy
  • Guest posting
  • Link relevancy
  • Site-wide distribution dll.

3. Utamakan tampilan mobile

Semakin berkembangnya teknologi, menghasilkan berbagai macam perangkat mobile yang canggih seperti smartphone dan tablet

Hal ini menciptakan tren dimana sebuah strategi yang memprioritaskan design untuk smartphone, tablet dan perangkat mobile dari design desktop, disebut sebagai Mobile First Strategy

Strategy ini memanfaatkan fitur – fitur tertentu yang terdapat pada perangkat mobile seperti GPS, Kamera dan lain – lain, hubungan erat antara manusia dan smartphones-nya dapat dimanfaatkan sebagai perantara

untuk meningkatkan hubungan dengan konsumen melalui data – data yang terkumpul.

4. Audit Content

Content Auditing merupakan proses mengulas secara sistematis seluruh konten di website anda.

Content Auditing akan menunjukan seberapa baik website tersebut berpengaruh terhadap bisnis anda.

Strategi SEO ini akan memudahkan anda untuk menyediakan konten yang efisien dan juga efektif untuk audiens anda melalui informasi yang didapat dan mencoba untuk menjawab pertanyaan – pertanyaan seperti apakah konten anda sesuai dengan kebutuhan konsumen? apakah konten tersebut untuk orang yang tepat? atau apakah konten anda menarik dari judulnya saja? Pertanyaan – pertanyaan ini akan dapat terjawab dengan baik melalui Content Auditing yang baik.

5. Kuasai SEO lokal

Bisnis offline atau bisnis yang mengandalkan tatap muka sebagai cara utama untuk berbisnis seperti coffee shop, restaurant, atau bengkel saat ini sudah banyak menggunakan internet, dengan bentuk Local SEO sebagai media untuk mengiklankan bisnis mereka.

Buat Google Business dan daftarkan bisnis anda di direktori, seperti yelow pages, IndonesiaYP, Trip Advisor dll dll

Local SEO adalah sebuah cara untuk memasarkan bisnis offline anda untuk konsumen melalui internet. Yang termasuk dalam strategi ini adalah mengklaim business listing anda yang akan memastikan keberadaan perusahaan anda di web, dan juga memastikan bahwa bisnis anda akan muncul di google, semakin mudah bisnis anda ditemukan melalui internet semakin berhasil usaha anda melakukan Local SEO.

6. Website architecture

Website architecture adalah bagaimana sebuah website dibuat untuk memudahkan user untuk mencari informasi secara cepat dan, meningkatkan website user experience, dan membantu search engine melakukan crawl dan mengumpulkan data lebih efisien, dengan begitu akan meningkatkan search engine ranking anda.

Arsitektur Website adalah salah satu cara yang bisa digunakan untuk meningkatkan traffic website anda

Website architecture yang baik akan memudahkan para user dan search engine dalam ber-navigasi di website anda, hal ini bisa dinilai dari sedikitnya jumlah “klik” untuk menuju menu yang diinginkan, URL yang unik, sehingga dapat memudahkan search engine mengenali website anda, navigasi yang selalu konsisten dan link yang relevan akan sangat membantu user dalam mengakses website anda.

BACA JUGA:  Cara agar terhindar dari Sandbox Google

7. Analisa Kompetitor

Dengan memulai sebuah bisnis, tentu saja akan selalu ada yang namanya kompetitor, yang akan selalu bersaing dengan anda, dan akan selalu muncul pertanyaan-pertanyaan seperti “kenapa kompetitor lebih banyak menjual barang dari kita? kenapa kompetitor tetap mendapat untung walaupun menjual dengan harga yang murah?” Pertanyaan-pertanyaan seperti ini dapat dijawab dengan mudah bila mengenal siapa kompetitor anda.

Dengan memahami kompetitor maka kita dapat menyusun strategi yang efektif untuk bersaing dengan mereka.

Untuk itulah anda harus paham mengenai kekuatan dan kelemahan dari kompetitor anda. Caranya dengan menggunakan Competitor Analysis.

8. Riset dan Analisa Keywords

Keyword analysis merupakan proses menganalisa sebuah keywords yang akan membawa pengunjung menuju website anda, secara organik maupun berbayar.

Keyword analysis bisa menjadi starting point untuk memulai SEO Marketing anda

Dengan mengintegrasikan keyword yang dirasa akan memudahkan pengunjung untuk menemukan website anda akan menaikan traffic serta conversion rate. Keyword analysis juga akan memberikan keuntungan lain seperti penggunaan budget yang maksimal karena anda tidak akan menggunakannya untuk hal yang tidak produktif, menemukan pasar yang baru dengan riset yang anda lakukan.

9. Market Intelligence

Mengetahui kondisi dari industri adalah hal yang penting. Membuat gambaran luas mengenai pangsa pasar, customer, kompetisi, masalah, dan potensi dari sebuah produk dan servis, biasa disebut dengan Market Intelligence.

Sebelumnya ada yang namanya Business Intelligence yang mengacu pada serangkaian informasi yang luas mengenai pelanggan dan produk, seperti berapa banyak produk yang dikirim, jumlah total penjualan dalam sebulan dan transaksi lainnya.

Sebaliknya, Market intelligence berfokus pada kelas pelanggan tertentu, termasuk informasi demografis dan geografis dan apa yang mereka beli, yang   dapat digunakan untuk membantu membangun informasi analisis dari suatu bisnis.

Market intelligence juga memperhitungkan  apa yang terjadi dengan pesaing anda, yang sama sekali diabaikan oleh Business intelligence.

Dengan     market    intelligence maka   kita   bisa    mengetahui mengenai   dimana    perusahaan akan    memaksimalkan     resources nya, atau market mana yang bisa dituju, dan lain-lain.

10. Pemulihan Pinalti dan perbaikan reputasi (jika diperlukan)

Ilustrasi website terkena pinalti Google
Ilustrasi website terkena pinalti Google

Mendapatkan penalti ataupun di blacklist bukanlah hal yang menguntungkan. Traffic di dunia SEO sangat penting bagi bisnis yang melakukan internet marketing.

Semakin banyak traffic yang didapatkan, semakin besar conversion rate yang didapatkan

Untuk mendapatkan hal tersebut banyak penggiat SEO yang melanggar beberapa guidelines, atau biasa disebut Black Hat SEO Antara disengaja, kesalahan algoritma, ataupun backlink yang buruk untuk website.

Untuk bebas dari penalti anda harus :

  • Mencari seluruh Backlink
  • Mengidentifikasi backlink yang buruk untuk website anda
  • Memberikan request untuk menghilangkan backlink tersebut

11. Mengoptimalkan pencarian keseluruhan

Adalah sebuah integrasi dari berbagai media tambahan seperti video, gambar, maps dan media lainnya yang ditampilkan diatas hasil pencarian organik dari search engine

Google menggunakan fitur ini untuk meningkatkan user experience agar para pengguna dapat mengetahui informasi-informasi tertentu secara instan yang langsung tertuju kepada user intent.

Ada berbagai macam bentuk dari universal search ini, berikut beberapa bentuk dari universal search:

  • Carousel
  • Maps
  • Currrency Converter
  • Google Flights
  • Google Jobs
  • Lyric
  • Stock Prices
  • Weather
  • Dan masih banyak lagi

Fitur-fitur ini dapat dimanfaatkan untuk pengembangan bisnis anda untuk mendapat hasil yang maksimal.

12. PPC/ Search Engine Marketing (SEM)

Facebook Ads
Facebook Ads

Pay per click adalah kepanjangan dari PPC, sebuah model internet marketing yang membuat pengiklan harus membayar ketika iklan mereka di click.

Tujuan utama dari PPC adalah membuat para pengunjung suatu web mengklik iklan anda dan dapat melakukan sesuatu yang valuable di website yang anda iklankan, seperti pembelian

Keyword adalah kunci dari ini semua, keyword adalah sebuah bentuk general dari apa yang sebenarnya anda ketik atau biasa disebut Queries. Pengiklan akan mencoba membuat keyword agar mendapatkan hasil yang sama ketika anda mengetik queries atau sedikit melenceng entah dari susunan kata atau pengejaan yang berbeda. Sehingga hasil yang ditampilkan akan memuat iklan anda

Contoh SEM:

  • Google Ads, untuk beriklan di Google Ads, usahakan minimal budget iklan harian 100rb dengan durasi 30 hari untuk mendapatkan hasil yang lebih baik
  • Facebook ads
  • Instagram Ads

13. Outreach Campaign

Secara garis besar, pengertian dari Outreach Campaign adalah:

“Sebuah metode untuk mengidentifikasi influencer dari target pasar anda, dan menghubungi mereka, serta mendorong , mereka untuk mempromosikan brand, service atau produk”

Untuk itu anda harus memiliki sebuah Goal yang dituju, pemahaman mengenai siapa audiens anda, research yang baik, serta sebuah strategi yang akan dilakukan untuk membangun hubungan baik dengan audiens anda.

Outreach campaign cocok untuk produk yang diproduksi sendiri/ mempunyai ketersediaan terbatas, outreach campaign biasanya getol dilakukan produk – produk kecantikan

Kesimpulan

13 strategi SEO di atas adalah strategi yang anda butuhkan untuk dapat mengungguli pesaing anda, sekaligus membuat website anda memiliki SEO yang baik, dan tentu saja akan memiliki dampak terhadap ranking anda di SERP.

Tiap strategi akan menolong anda untuk mendapatkan hasil yang lebih baik.

Anda dapat memilih strategi-strategi yang cocok dengan tujuan akhir bisnis anda, Namun untuk mendapatkan hasil yang maksimal, tentu anda butuh orang-orang yang ahli dalam bidangnya.

Sebagai digital marketing, NR Booster Digital Marketing memiliki layanan lengkap untuk setiap bisnis. Apabila anda tertarik untuk mengembangkan bisnis anda, dan membutuhkan tenaga ahli untuk melakukannya, silakan pelajari layanan jasa SEO kami

Referensi:

https://www.reliablesoft.net/technical-seo/#what-is-technical-seo
https://neilpatel.com/blog/link-audit/
https://www.brightedge.com/info/content/what-content-audit
https://blog.alexa.com/marketing-research/competitive-analysis/
analysis
https://www.businessnewsdaily.com/4697-market-intelligence.html
https://neilpatel.com/blog/recover-from-any-google-penalty/
https://www.searchmetrics.com/what-is-universal-search/
https://www.searchenginejournal.com/ppc-guide/what-is-ppc-paid-search/
https://www.apknowhow.com/blog/starting-an-outreach-marketing-campaign/

Sending
User Review
0/100 ( votes)
0.0
Comments Rating 0/100 ( reviews)