Di zaman yang telah banyak mengalami kemajuan di berbagai bidang terutama dalam bidang teknologi informasi dan komunikasi ini, tentu akan membuat Anda semakin mudah dalam memasarkan atau mengenalkan produk anda. Saat ini telah banyak sekali aplikasi – aplikasi sosial media yang mendukung anda dalam mempromosikan produk anda, misalnya saja seperti instagram, youtube, Facebook dan lain sebagainya. Nah, salah satu cara paling efektif untuk mempromosikan produk anda adalah dengan melalui salah satu fitur Facebook yakni Facebook Ads.

Facebook Ads adalah sebuah bisnis iklan buatan facebook yang disajikan atau diperuntukkan kepada pengguna Facebook berdasarkan aktivitas penggunaan, informasi demografis, informasi penggunaan perangkat, iklan dan informasi yang disediakan oleh mitra pemasarannya, hingga aktivitas online lainnya yang dilakukan pengguna sosial media di luar Facebook. Oleh karena itulah, mengapa dengan memiliki Facebook Ads ini akan memudahkan Anda dalam mengenalkan produk anda kepada masyarakat. Lantas, bagaimana sih cara membuat Facebook Ads itu? Nah, pada kesempatan kali ini kami akan memberikan tutorial tentang bagaimana cara membuat Facebook Ads, berikut adalah penjelasan selengkapnya.

Langkah-langkah membuat Facebook Ads

  1. Buka laman Facebook Ads

Langkah pertama dalam membuat Facebook Ads yaitu dengan membuka laman Facebook Ads manager. Namun sebelum itu, anda harus memastikan bahwa anda telah terlebih dahulu login ke akun Facebook yang anda gunakan untuk membuat halaman di Facebook sebelumnya.

2. Pilih pembuatan iklan terpadu

Langkah kedua dalam membuat Facebook Ads yaitu dengan memilih pembuatan ikan terpadu. Buka menu kampanye dan klik buat iklan. Setelah itu, Facebook akan memberikan dua pilihan dalam membuat iklan, yaitu pembuatan iklan terpadu dan pembuatan iklan cepat. Pilihlah pembuatan iklan terpadu agar iklan anda lebih spesifik.

3. Tentukan Tujuan iklan

Langkah ketiga dalam membuat Facebook Ads yaitu menentukan tujuan iklan yang ingin anda capai. Facebook menyediakan tujuan iklan dalam tiga kategori, yaitu kesadaran, pertimbangan dan konversi. Berikut adalah penjelasan selengkapnya.

  • Kesadaran

Kesadaran merk : meningkatkan brand awareness anda dan menjangkau orang-orang yang kemungkinan besar tertarik.

Jangkauan : menampilkan iklan anda pada jumlah maksimal dari orang sesuai dengan anggaran anda.

  • Pertimbangan

Lalu lintas / traffic : meningkatkan jumlah kunjungan ke website anda atau mendapatkan banyak pengguna untuk aplikasi anda.

Interaksi : pilihan ini sangat cocok jika anda ingin mendapatkan interaksi pada kiriman, like halaman, tanggapan pada acara yang akan anda selenggarakan atau untuk promo mengenai produk anda.

Pemasangan aplikasi : tujuan iklan ini berguna bagi anda yang menginginkan orang lain dapat menginstal aplikasi yang anda buat.

Penayangan video : jika anda membuat konten berupa video, maka pilihan ini sangat cocok untuk anda pilih untuk mendapatkan lebih banyak orang menonton video yang anda buat.

Pembuatan prospek : untuk mengumpulkan data diri orang-orang yang tertarik dengan produk anda.

Pesan : mengajak target audience untuk mengirim pesan ke bisnis anda di messanger atau whatsapp.

  • Konversi

Konversi : untuk anda yang ingin meningkatkan jumlah orang yang berbelanja di website anda.

Penjualan katalog produk : menampilkan iklan mengenai produk katalog anda sesuai target yang ditentukan.

Kunjungan toko : jika anda memiliki toko offline atau toko fisik, maka bagian ini dapat anda manfaatkan untuk meningkatkan kunjungan pelanggan di toko anda.

4. Klik tujuan iklan anda

Langkah selanjutnya dalam membuat Facebook Ads ialah mengklik tujuan iklan anda tentunya setelah anda mempertimbangkan mana yang cocok dengan keinginan anda, misalnya saja seperti lalu lintas traffic.

5. Memilih jenis iklan facebook

Langkah selanjutnya dalam membuat Facebook Ads ialahmemilih jenis iklan Facebook. Facebook telah menyediakan dua pilihan iklan, yaitu uji split dan pengoptimalan anggaran. Anda harus memilih salah satu, karena kedua jenis iklan Facebook tersebut tidak dapat digunakan secara bersamaan. Pada langkah ini anda juga perlu menentukan anggaran iklan, bebas sesuai yang anda inginkan.

6. Tuliskan nama iklan dan pilih tujuan traffik

Langkah selanjutnya dalam membuat Facebook Ads ialah menulis nama iklan agar anda dapat mengecek performa iklan-iklan di FB Ads. Kemudian anda juga harus memilih tujuan traffic anda ingin diarahkan ke mana, apakah akan diarahkan ke website, aplikasi, messanger, atau mungkin whatsapp.

7. Tampilkan promo

Langkah selanjutnya dalam membuat Facebook Ads bagi anda yang sedang menjalankan promo di bisnis anda, maka anda dapat mencentang pilihan promo untuk menampilkan promo tersebut.

8. Tentukan Target Audience

Langkah selanjutnya dalam membuat Facebook Ads ialah menentukan target audience. Anda dapat menentukan target audience dengan mempertimbangkan faktor-faktor berikut ini :

  • Pemirsa khusus : anda dapat mengarahkan iklan kepada orang-orang yang pernah mengunjungi website anda, bahkan orang-orang yang pernah menelepon anda.
  • Lokasi : anda dapat menentukan lokasi dari target dengan memasukkan beberapa wilayah atau daerah.
  • Umur : jika produk yang akan anda iklankan berdasarkan rentang usia, maka anda juga dapat menentukan target audience berdasarkan usia, misalnya saja 18-38 tahun.
  • Jenis kelamin : anda juga dapat menentukan iklan yang akan anda tampilkan berdasarkan jenis kelamin.
  • Bahasa : jika anda telah memilih satu lokasi dengan bahasa yang sama, maka biarkan bagian ini kosong, kecuali jika pemirsa yang anda targetkan menggunakan bahasa yang tidak umum digunakan di lokasi yang telah anda tentukan tadi.
  • Penargetan terperinci : bagian ini untuk target iklan yang lebih terperinci, misalnya saja seperti lokasi, minat, perilaku dan kategori lainnya.
  • Koneksi : pilihan ini berguna jika anda ingin menampilkan iklan ke orang-orang yang sudah terhubung ke halaman, aplikasi atau acara anda.

9. Tentukan Penempatan

Untuk menentukan penempatan, anda dapat memilih penempatan secara otomatis, karena Facebook akan secara otomatis menampilkan iklan di tempat-tempat yang memiliki kinerja paling baik.

10. Pilih jadwal

Tentukan berapa lama iklan anda akan ditampilkan oleh Facebook. Anda dapat menentukannya sesuai dengan keinginan anda, misalnya saja selama satu bulan.

11. Pilih format iklan

Langkah selanjutnya ialah memilih format iklan. Terdapat 5 jenis format iklan yang dapat anda pilih, antara lain seperti karosel, gambar tunggal, video tunggal, tayangan slide, dan koleksi.

12. Buat Teks Deskripsi

Pada bagian kali ini, tulislah deskripsi iklan anda. Buatlah deskripsi yang menarik dan singkat agar audience anda bisa langsung paham dengan tujuan iklan anda.

13. Pilih Gambar, tulis judul dan masukkan tautan

Pilih gambar yang sesuai dengan deskripsi iklan anda. Setiap format FB Ads membutuhkan ukuran gambar yang berbeda-beda. Tambahkan juga judul yang menarik dan jangan lupa masukkan tautan yang dituju.

14. Cara bayar iklan facebook

Anda bisa melakukan pembayaran melalui kartu kredit dan kartu debit. Setelah anda melakukan pembayaran, Facebook akan mereview iklan Anda dan akan segera menampilkannya kalau sudah memenuhi semua syarat & ketentuan yang berlaku. Nah, demikianlah langkah-langkah dalam membuat Facebook Ads, semoga bermanfaat.