Cara Meningkatkan Visibilitas Website: Optimasi SEO Basic

Cara Meningkatkan Visibilitas Website: Optimasi SEO Basic

SEO pada level basic bertujuan untuk meningkatkan visibilitas website sebelum berkompetisi dengan jutaan kompetitor lainnya di internet, Pada Prinsipnya, Optimasi SEO Basic di lakukan melalui 3 Kanal:

  1. Search engine
  2. SEO Lokal
  3. Sosial Media

Kali ini kami akan membahas singkat dan memperbaharui/menambah isi materi pada postingan ini sewaktu-waktu..

  1. Cara Meningkatkan visibilitas pada search engine ada beberapa cara dasar:
  • Mengintegrasikan kata kunci yang anda bidik (sebaiknya kata kunci persaingan sedang atau tinggi) di dalam judul ( <H1> to <H3> ) pada halaman depan, Tips: Misal anda menjual jasa tour guide semarang yang mempunyai domain “liburansemarang.com”, maka kategori yang SEO Friendly adalah kategori yang menjelaskan tentang layanan bisnis anda secara langsung, misal: Sewa Villa Semarang atas, Sewa Motor Semarang, Rental Mobil Semarang dll dll.
  • Menginstal SEO Plugin, kami merekomendasikan All in One SEO, aktifkan fitur sitemap XML dan Kirim ke Google via Google search console

2. Cara Meningkatkan visibilitas pada sosial media

Hal pertama yang harus anda lakukan adalah install share sosial button, jika theme anda belum mendukung share sosial media button, kami akan berbagi tips install plugin share sosial button bagi pengguna WordPress atau aktifkan jika theme anda sudah support

  • Seperti biasa masuk ke akun CMS anda untuk menampilkan halaman dasbor
  • Pilih “Plugin” dari kiri menu bar, lalu klik “Tambah Baru”. Di kolom “Cari plugin”, ketik “Add to any”.
  • Kemudian pilih “AddtoAny Share Buttons” dengan mengklik di tombol “Instal sekarang”.
  • Selanjutnya masukkan kata kunci FTP Anda ke dalam kolom kata kunci. Kemudian klik di tombol “Lanjutkan”. Setelah berhasil diinstal, klik “Aktifkan Plugin”.
  • Lalu pilih “Pengaturan” dari kiri menu bar dan klik “AddtoAny”. Pilih ukuran ikon yang Anda inginkan dan klik di tombol “Add/Remove Services”.

Setelah Anda selesai, klik “Save Changes”. Setelah pengaturan ini dibuat, tombol share akan ditampilkan di bawah tulisan atau halaman, sesuai dengan pengaturan Anda.

Sekarang klik di tombol “Floating”. Di sini Anda dapat membuat tombol share tambahan yang akan selalu ditampilkan dari sisi kanan atau kiri dan akan secara otomatis ikut turun ketika kita meng-scroll halaman ke bawah. Peletakan tombol sharenya bisa secara vertikal atau horizontal di bagian kiri atau kanan dari layar. Anda bisa rubah pengaturan lain sesuai yang Anda inginkan.

Jangan lupa klik di tombol “Save Changes”.

  • Membuat akun Twitter

3. Cara meningkatkan visibilitas pada Lokal SEO

Meningkatkan Visibilitas pada lokal SEO adalah memberikan sinyal bahwa bisnis anda ada dan dapat di telusuri, anda harus mendaftarkan bisnis anda pada directory dan Google nanti dengan algoritmanya akan memilah berdasarkan geolokasi

  • Mendaftarkan bisnis di Factual
  • Mendaftarkan bisnis di Hotfrog
  • Mendaftarkan bisnis di Brownbook
  • Mendaftarkan bisnis di Indonesiayp, Indonesiayp adalah situs direktori bisnis  yang menawarkat listing gratis untuk perusahaan Anda, Dengan mendaftarkan bisnis Anda di listing ini, bisnis Anda dapat semakin mudah ditemukan dan  populer sehingga akan membawa trafik yang potensial
  • Mendaftarkan bisnis di Opendi
  • Membuat halaman Google Business, Untuk dapat membuat halaman di Google Bisnisku, Anda harus masuk ke www.google.co.id/business/
nr booster google bisnis 1
NR Booster Digital Marketing Google Bisnis sewaktu masih di Tebet Jakarta selatan.
  1. klik tombol “masuk”, lalu masuk ke akun anda, jika diperlukan.
  2. Setelah itu pilih jenis bisnis dengan mengklik di “Area layanan”. Lalu masukkan nama bisnis anda ke dalam kolom cari. Jika ditemukan bisnis anda, Anda klik di pilihan bahwa Anda sudah memasukkan nama dan alamatnya dengan benar.
  3. Lalu masukkan nama perusahaan anda dan alamatnya ke dalam kolom. Kemudian masukkan nomor telepon perusahaan anda dan pilih kategori yang sesuai. Lalu klik “Lanjutkan”.
  4. Kemudian Anda harus memverifikasi daftar bisnis anda
  5. Lantas klik di tombol “Memulai” untuk memulai menyiapkan halaman bisnis Anda.
  6. Lalu klik di tombol “Ganti foto profil” untuk menambahkan foto profil. Klik di “Upload foto” dan piliih foto yang anda ingin muat. Setelah selesai meng-upload fotonya, Anda dapat mengeditnya, jika perlu. Setelah itu klik di “Tetapkan foto profil”.
  7. Sekarang anda klik di “Logo” untuk menambahkan fotonya. Lalu klik “pilih foto dari komputer anda”. Setelah berhasil mengupload logonya, klik di “Tetapkan logo”.
  8. Setelah itu klik “Beranda” untuk kembali ke halaman dasbor.
  9. Lantas klik di “Tambah jam buka” untuk memasukkan jam kerja bisnis anda. Masukkan jam kerja ke dalam kolom dan kemudian klik di “Simpan” untuk menyimpan perubahan Anda.
  10. Lalu scroll ke bawah dan klik “Selesai mengedit”.
  11. Sekarang klik di tombol “Tambahkan situs web”. Lalu masukkan nomor telepon dan alamat website anda. Lalu klik di “Simpan” untuk menyimpan perubahan Anda.
  12. Kemudian scroll ke bawah dan klik “edit” di “Perkenalan”. Di sini Anda masukkan kalimat pengantar anda dan kemudian klik di tombol “Simpan”.
  13. Setelah itu di halaman dasbor, Anda klik “Foto” dari menu dan klik di “Ubah sampul”. Kemudian klik “pilih foto”. Anda dapat memposisikan foto Anda dengan benar, lalu klik “Tetapkan foto sampul”.
  14. Kemudian klik “Beranda” untuk kembali ke halaman depan, lalu klik di “Verifikasi sekarang”. Lantas klik “Surat” untuk mengirim verifikasi, lalu tulis nama kontaknya, jika perlu. Setelah itu klik di “Kirim kartu pos”.
BACA JUGA:  Perbedaan antara SEO on-page, SEO off-page dan SEO teknikal

Anda akan menerima kode verifikasi lewat surat dan Anda harus memasukkan kode verifikasi yang Anda terima nanti agar bisnis anda bisa terdaftar dengan Google Bisnisku.

Kemudian klik “Lanjutkan”.

Untuk Sementara sampai di sini, kami akan memperbaharui post ini di lain kesempatan dengan materi yang lebih banyak, sedangkan untuk Optimasi SEO advanced dan maintenance SEO, anda harus membayar dengan harga yang tidak murah, namun hasil yang di dapat cenderung stabil dan berkesinambungan (diimbangi dengan kualitas content website), untuk jasa optimasi SEO advanced dan maintenance di tempat kami, kami mematok harga optimasi SEO advanced dan maintenance SEO dengan harga yang lumayan mahal, karena beberapa alasan:

  1. Kami belajar SEO di sekolah digital marketing dengan biaya jutaan rupiah
  2. Kami memerlukan biaya maintenance 140 Private Blog Network yang dimana memerlukan maintenance setiap bulan dan biaya tahunan yang mencapai puluhan juta rupiah
  3. Kami meluangkan waktu untuk memberikan perhatian dan konsentrasi untuk website yang di optimasi, minimal 4 jam per hari selama treatment
  4. Kami menggunakan tools – tools premium license developer yang jika di akumulasikan untuk biaya license, bisa mencapai jutaan rupiah juga
  5. Kami menggunakan listrik dan koneksi internet + membutuhkan berliter-liter kopi susu, yang di mana juga memerlukan biaya
  6. Dan yang terakhir, tentu kami juga memerlukan liburan setelah penat bekerja 🙂

Itulah komponen – komponen biaya yang muncul jika menggunakan jasa SEO advanced & Maintenance SEO, yang menjadikan harga jasa SEO di mata client menjadi “Mahal”

Bagikan informasi agar bermanfaat untuk orang lain yang membutuhkan dan tunjukan apresiasi anda dengan memberikan rating, agar kami semangat memperbaharui postingan cara meningkatkan visibiltas website ini

Write a Comment