Perhitungan Biaya Digital Marketing Google Ads vs SEO dan Tingkat Efektivitasnya

Perhitungan Biaya Digital Marketing Google Ads vs SEO dan Tingkat Efektivitasnya

Pastinya anda yang terjun di bidang marketing atau periklanan pastinya tidak asing lagi dengan digital marketing. Google ads dan seo. Nah kali saya akan mengupas tentang apa itu perhitungan biaya digital marketing google ads maupun seo dan tingkat efektivitasnya.

Sebelum kita membahas lebih jauh kita lihat definisinya satu persatu biar anda lebih paham lagi apa itu digital Marketing. Digital marketing adalah segala upaya untuk melakukan pemasaran suatu produk atau jasa melalui media internet.

Selain sebagai media pemasaran dalam internet marketing juga sebagai promosi jasa produk baru, branding dan membina hubungan dengan pelanggan. Media yang digunakan untuk pemasaran atau untuk mengenalkan jasa atau produk adalah blog, website, online store, digital payment, aplikasi. Nah diantara semua itu pastinya anda tidak asing lagi dengan media digital tersebut.

Tujuan Pemasaran Digital:

1. Target pasar

Sebenarnya tujuan utama dari digital marketing yaitu sebagai alat atau media digital untuk menjangkau target konsumen secara cepat, luas dan tepat.

2. Meningkatkan Brand Awarness

Sebenarnya meningkatkan brand awarness adalah bagian dari pemasaran secara konvensional maupun digital. Beriklan di televisi, baliho, radio yang disebut iklan konvensional pada dasarnya adalah upaya meningkatkan brand awarness.

3. Membangun Database Market

Jika kita mempunyai database market yang tepat sesuai dengan yang jasa kita tawarkan, maka database ini nantinya bisa anda manfaatkan untuk menawarkan layanan melalui email atau iklan yang sangat efektif serta efisien dalam kegiatan marketing.

4. Analiysis Digital

Setelah anda menentukan suatu target, selanjutnya menerapkan sistem digital marketing yang paling efektif dan efisien wajib dilakukan. Nah beberapa macam alat sebagai halaman analisa untuk mengukur sebuah iklan, perilaku user, dan termasuk penggunaan anggaran iklan sehingga benar-benar sesuai target pemasaran.

Nah setelah kita membahas apa sih digital marketing, selanjutnya mari kita berkenalan terlebih dahulu dengan google ads dan seo..

1. Apa itu google ads?

ads 1663031 640

Sebenarnya google adsense adalah sebuah layanan progam jasa periklanan yang dikelola oleh google. Setiap pemilik blog atu website dapat juga menggunakan program ini.

Jika anda mendaftarkan blog atau website anda ke google adsense dan anda diterima oleh google adsense, maka anda sebagai pemilik blog atau website dapat menampilkan iklan di blog atau website anda.

Iklan yang ditampilkan google adsense bisa menyerupai text, gambar, atau text gambar. Dan iklan tersebut diatur oleh google dan menghasilkan uang untuk pribadi anda. Google adsense itu sendiri memanfaatkan teknologi pencarian yang sangat canggih, yang memungkinkan iklan yang ditampilkan di blog atau website anda sesuai berdasarkan tema kata kunci yang ada di website atau blog anda. SEO adalah search engine optimization termasuk juga dalam bagian search engine marketing. SEO disini berperan untuk menaikkan peringkat sebuah website atau blog di halaman mesin pencari melalui pencarian organik, yaitu dengan memanfaatkan penggunaan kata kunci di dalam website anda. Nah sebenarnya SEO mempunyai dua komponen utama yaitu :

  • On Page Optimization

On Page Optimization yaitu pengaturan yang bisa diaplikasikan langsung pada situs atau blog anda agar lebih ramah terhadap mesin pencari.

  • Off-Page Optimization

Off Page SEO lebih mengarah kepada aktivitas promosi yang terjadi di luar website. Cocok untuk anda yang bertujuan mengangkat reputasi situs website anda. Memang teknik ini dilakukan dengan cara membangun backlink dari situs tertentu yang menuju ke situs anda. Nah gunanya ya itu untuk mengangkat kredibilitas situs anda .

BACA JUGA:  Cara Membuat Sub Domain di cPanel

Nah itu penjelasan singkat mengenai apa itu google ads dan SEO. Selanjutnya Seberapa efektifkah menggunakan google ads dan seo? Mana diantara keduanya yang bisa dianggap lebih efektif dan terjangkau?

1. Jika anda menggunakan google ads iklannya lebih cepat dibandingkan SEO. Google ads hanya membutuhkan yang namanya setting awal saja sehingga iklan anda dapat ditayangkan kurang dari jangka waktu 30 menit. Sedangkan jika anda menggunakan strategi SEO, akan membutuhkan waktu lebih lama, minimal 6 bulan

2. Google ads jangkuannya lebih besar, sedangkan SEO semua halaman adalah landing pages. Memang google ads dapat mencari ribuan kata kunci dalam waktu bersamaan, sedangkan SEO hanya sebagai halaman situs anda yang pada dasarnya hanya tempat masuk landing page.

3. Google ads relatif mudah di pelajari, sedangkan SEO sulit untuk di mengerti. Khusus anda yang ingin mempromosikan situs blog atau website anda tersebut apalagi sebagai pemula, saya sarankan untuk mencoba mengunakan google ads. Google ads sangat mudah dipahami. Google ads itu sendiri menyediakan platform belajar di academy for ads, bahkan google juga mengadakan program sertifikasi. Berbeda dengan SEO yang aturannya baku dan tidak pernah dipublikasikan.

4. Iklan google ads itu untuk promosi, sementara organik SEO kepercayaan. Nah dari situ bisa kita simpulkan bahwa selling vs branding merupakan dasar perbedaan yang penting, jika dengan SEO anda akan sulit untuk merubah deskripsi listing. Dan sebenarnya SEO memiliki tujuan dasar yang lebih berfokus pada branding jangka panjang, sementara google ads lebih berfokus pada selling jangka pendek atau meraih pelanggan baru dengan cepat.

5. Nah pastinya anda bertanya – tanya, google ads dan SEO lebih murah mana sih? Banyak orang beranggapan bahwa menggunakan bisa SEO gratis, sedangkan menggunakan google ads menggunakan biaya. Sebenarnya anggapan itu salah besar, karena jika anda menggunakan SEO anda juga mengeluarkan biaya untuk membayar jasa penulis, jasa SEO, jasa penulisan artikel, proxy dan lain-lain. Nah jika anda ingin berdiri sendiri dengan menggunakan SEO, maka anda juga pasti akan mengeluarkan biaya yaitu praktisi SEO yang memang ahli di bidangnya.

Apakah anda masih bingung? Saya akan memberikan lebih rinci tentang google ads dan SEO.

1.Google Ads

  • mendapatkan respon pelanggan lebih cepat.
  • lebih berfokus pada suatu penjualan.
  • dapat mengadakan produk baru dan bisa mengadakan tes pasar.
  • google ads memang sudah terbukti dengan kecepatannya, dimana target market anda di bombardir oleh banyak sekali pemesanan.

2.SEO

  • Orientasi anda tidak untuk penjualan dalam jangka pendek.
  • Tidak tergantung biaya bulanan sepanjang waktu.
  • Produk Anda tidak bisa atau sulit di promosikan lewat google ads seperti suplemen makanan, yang berbau politik dan lain – lain.

Kesimpulan

Kalau Bisnis anda bersifat transaksional, seperti toko online, Google Ads adalah salah satu jurus yang ampuh untuk di coba, Jika bisnis online anda bersifat informasi, seperti blog, Tour & Travel dan yang bersifat re-branding, SEO sangat cocok untuk mengkangkangi kompetitor anda untuk jangka waktu yang tidak sebentar, namun perlu diingat, SEO itu mahal dan memerlukan kesabaran, karena hasil yang di dapat tidaklah instant namun berkelanjutan dan berkesinambungan, minimal 6 bulan baru bisa terasa beberapa keywords yang di bidik masuk halaman 1 atau 2. (RTH)

Write a Comment