Cara agar terhindar dari Sandbox Google

Cara agar terhindar dari Sandbox Google

Nah, apakah anda pernah mendengar kata sandbox. Sebenarnya mereka yang mempunyai website maupun blog tentu tidak asing lagi bila mendengar kata sandbox. Sandbox itu sendiri adalah filter pencarian yang diciptakan oleh team google untuk memberantas spam.

Penyebab Website Terkena Sandbox

Jika blog anda atau website anda terkena sandbox, maka hilangnya data atau tidak munculnya artikel – artikel yang anda buat selama ini sudah menjadi resiko. Nah tentu merugikan jika anda terkena sandbox. Untuk itu, diperlukan pemahaman lebih mengenai penyebab website terkena sandbox itu sendiri:

1. Optimasi yang Over atau Berlebihan

Jika optimasi pada artikel anda yang berlebihan atau over maka blog atau website anda akan terkena sandbox cari google. Biasanya optimasi yang over  sering terjadi pada blog maupun website yang masih mengejar keyword yang terlalu banyak di website atau artikel. Untuk menghindari hal ini usahakan melakukan optimasi yang wajar dan natural.

2. Melakukan Ping Website

Nah, jika anda melakukan ping website bisa dianggap sebagai annoying oleh google. Jika anda ingin terhindar dari ping website maka anda harus melakukan ping 1-6 k kali selama seminggu atau yang menurut anda wajar.

3. Artikel yang Copy Paste

Jika anda melakukan copy paste pastinya anda akan terkena sandbox dari google, nah untuk itu anda jangan sekali kali mengcopy paste artikel lain-nya. Jika anda ingin membuat artikel untuk website atau blog tapi anda perlu referensi dari google,  maka anda usahakan artikel tersebut tidak mirip dengan artikel yang anda lihat sebagai referensi dari google

Nah itulah penyebab-penyebab utama blog atau website anda terkena sandbox dari google. Untuk itu anda harus menjauhi penyebab terkena sandbox dari google Cara Agar Terhindar dari Sandbox

Setelah anda mengetahui pengertian sandbox, penyebab terkena sandbox, sekarang bagaimana cara agar terhindar dari sandbox yaitu :

1. Buat Artikel yang Original

Nah, jika anda membuat artikel karangan sendiri maka artikel anda aman dari google sandbox karena anda tidak mengcopy paste artikel lain. Sebenarnya jika anda membuat artikel sendiri dan artikel tersebut sangat bagus, pastinya anda akan merasakan kepuasan tersendiri.

Nah andapun bisa mencari referensi dari google, buku dan berbagai sumber lainnya yang anda butuhkan tetapi anda membuatnya tidak boleh sama dengan referensi yang anda baca. Anda cukup mengerti apa maksud atau inti dari pembahasannya, kemudian anda bisa mengolah kata – katanya sendiri.

2. Jangan Terlalu Banyak Menggunakan Backlink Spam

Jika anda terlalu banyak menggunakan backlink spam maka robot pencarian tidak suka dengan kondisi backlink spam di artikel anda tersebut.

3. Anda Harus Bijak dalam Pemasangan Iklan

Jika anda tidak bijak dalam pemasangan iklan maka anda bisa terkena sandbox dari google. Dalam pemasangan iklan sebaiknya anda lebih bijak, sehingga anda terhindar dari sandbox.

4. Rajin Update Posting

Jika akun terhindar dari sandbox maka cukup rajin mengupdate postingan, hal tersebut bisa dijadikan sebagai tanda robot bahwa blog anda masih aktif. Sehingga blog anda aman dari sandbox.

5. Optimasi Sewajarnya

Jika anda mengoptimalkan blog anda berlebihan juga kurang baik. Sebenarnya optimasi itu sendiri dapat meningkatkan peringkat pada mesin pencari, namun akan menjadi bomerang jika anda melakukannya secara berlebihan.

Cara Mengatasi Blog yang Terkena

Cara Mengatasi Blog yang Terkena Sandbox

Setelah kita mengetahui penyebab dan cara terhindar dari sandbox, maka selanjutnya cara mengatasi blog yang terkena sandbox bisa dijadikan sebagai solusinya.

  • Cara yang pertama yaitu perbaiki konten yang dianggap menyalahi aturan jika anda memperbaiki atau menghapus konten tersebut, dengan demikian dapat membantu terlepas dari sandbox.
  • Yang kedua yaitu perbaiki link yang rusak, hal ini berlaku jika link anda rusak. Jika memang link anda rusak segera perbaiki dengan mendireksi link yang rusak ke halaman yang sesuai.
  • Yang ketiga adalah berhenti sementara untuk melakukan ping artikel, hal ini demi mencegah anggapan spam dari google. Jika anda tetap melakukan ping artikel bukannya terlepas dari sandbox namun akan lebih parah.
  • Yang ke empat adalah cek masalah situs dengan reconsideration tool.
  • Dan yang terakhir adalah menghapus backlink dari situs anda yang menuju kepada situs tidak berkualitas, nah jika anda pernah memasang backlink sebelumnya yang mengarahkan ke situs lain namun situs tersebut tidaklah memiliki kualitas yang baik, anda harus menghapusnya untuk sementara waktu karena hal itu akan berdampak bagi situs blog atau website anda karena memiliki keterkaitan dengan situs yang tidak berkualitas tersebut. Perlu anda perhatikan lagi, jika orang-orang yang menaruh link aktif di komentar postingan, hal tersebut sudah termasuk backlink. Untuk itu segera cek dan hapus komentar yang memiliki link aktif.
BACA JUGA:  Cara Meningkatkan Visibilitas Website: Optimasi SEO Basic

Bagaimana jika sudah terjebak dalam sandbox?

Bila anda sudah terjebak dalam kotak pasir atau sandbox, anda tak perlu khawatir terlebih dahulu. Lihat dulu apa penyebabnya dan analisis terlebih dahulu sebelum mengkaji penyebab website anda terkena sandbox. Apakah benar website atau blog anda masuk dalam kotak pasir? Jika benar, ada banyak jalan yang bisa anda tempuh. Namun kali ini saya akan membahas secara umum yang mudah dilakukan dan membutuhkan kesabaran dengan menunggu beberapa waktu tertentu sampai dinyatakan resmi telah bebas dari sandbox oleh google melalui Google webmaster tools. Nah berikut langkah yang bisa anda lakukan :

  • Cek crawl error pada google webmaster tools, jika pesan eror kebanyakan 404 alias link tidak ditemukan, sebaiknya anda direct atau request hapus melalui remove urls google index di webmaster tools. Sebenarnya penghapusan ini bersifat sementara.
  • Perbaiki yang menjadi penyebab utama website atau blog anda masuk ke kotak pasir. Contohnya yaitu tool auto generated content, jika sebelumnya anda menggunakan tools tersebut, blog atau website anda aman. Namun setelahnya menjadi bermasalah, maka sebaiknya lepas saja tool tersebut. Pastikan pada tahap ini Anda benar-benar tuntas mengatasinya, termasuk juga mencari penyebabnya.
  • Pastikan website atau blog anda tidak mengandung Malware.
  • Jika anda telah menyelesaikan semua masalah yang ada di website atau blog, maka selanjutnya anda dapat meminta google untuk melakukan peninjauan ulang terhadap penyelesaian serta perubahan tersebut dengan cara anda masuk di search console, kemudian masuk di search traffic dan setelah itu ke manual actions.
  • Submit ulang XML sitemap, kemudian ambil tindakan fetch and tender pada menu fetch as google. Pastikan anda merender untuk dua pilihan sekaligus yaitu dekstop dan mobile smartphone serta pastikan statusnya Jika status sudah dalam keadaan complete, maka selanjutnya meminta pengindekan baru untuk kedua jenis index dekstop dan mobile dengan klik button request indexing.

Nah, saya telah membahas penyebab blog atau website anda terkena sandbox, bagaimana cara agar terhindar dari sandbox dan cara mengatasinya bila anda terkena kotak pasir. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan dan membantu situs anda bila terkena terkena sandbox di kemudian hari ya

Write a Comment