Starter Pack Pedagang Online untuk Mendapatkan Foto Produk Berkualitas

Starter Pack Pedagang Online untuk Mendapatkan Foto Produk Berkualitas

starter pack pedagang online 1

Starter Pack Pedagang Online untuk Mendapatkan Foto Produk Berkualitas

Pedagang online sangat membutuhkan starter pack untuk mendapatkan foto produk yang berkualitas. Dan foto ini biasanya dimanfaatkan untuk berjualan online baik secara langsung melalui website sendiri ataupun ketika jualan online di e-commerce dan market place yang ada di Indonesia (Bukalapak, Tokopedia, Lazada, dan lain sebagainya).

Sederhananya, dalam berjualan online kita tidak bisa memperlihatkan produk secara langsung ke pelanggan. Berbeda dengan ketika berjualan langsung, dimana pelanggan juga bisa melihat produk yang ingin mereka beli dengan teliti. Jadi kesan pertama dari para pelanggan yang ingin belanja online adalah ketika ia melihat foto produknya.

Pentingnya Pengambilan Foto Produk Dalam Berjualan Online

Bila anda suka berbelanja online, pastinya secara tidak sadar anda hal yang pertama kali anda lihat ketika berbelanja adalah foto produk tersebut dari kumpulan katalog. Bukan nama produk apalagi harganya. Dan hal seperti inipun terjadi bukan hanya pada anda saja. Tetapi oleh semua orang, khususnya masyarakat Indonesia, ketika sedang belanja online.

Inilah salah satu bukti pentingnya pengambilan foto produk ketika berjualan online. Secara tidak sadar, foto memegang peran yang sangat penting, bahkan lebih penting daripada memilih dan memasukan judul yang menarik atau mengundang rasa penasaran. Sebab kesan pertama yang akan dilihat oleh calon pelanggan ada foto dari produk yang anda jual.

Setelah itu, baru pelanggan akan melihat judul dan harga yang tertera di produk tersebut. Hal ini sebenarnya tidak jauh berbeda ketika anda sedang berbelanja di toko. Pertama – tama, pasti yang anda lihat adalah model produknya. Kemudian baru melihat harga dan nama produk tersebut.

Contoh lain mengenai pentingnya foto produk dalam berjualan online adalah ketika anda tengah melihat lapak sebuah produk. Jika dibandingkan dengan produk – produk yang hanya memasang satu foto, pastinya kita akan lebih memilih toko yang memasang 2 atau lebih banyak foto lagi. Sebab anda  tidak bisa melihat fisik dari produk tersebut. Satu – satunya yang bisa anda gunakan sebagai acuan adalah foto yang dipajang di dalam lapak tersebut.

Sebab percaya atau tidak, pada dasarnya manusia adalah makhluk visual yang selalu menilai apapun sesuai dengan apa yang mereka lihat pertama kali. Baik itu pada laki – laki maupun pada perempuan. Oleh karena itu, anda perlu memberikan kesan pertama yang menarik bila ingin membuat calon pelanggan anda makin penasaran.

Bagaimana caranya? Sudah pasti dengan memajang foto produk terbaik dan menarik di lapak toko daring anda. Sehingga calon pelanggan yang melihatnya akan merasa tertarik untuk melanjutkan melihat – lihat lebih jauh lagi ke lapak anda.

Starter Pack Pedagang Online Dalam Membuat Foto & Deskripsi Produk

Melihat pentingnya peran foto dalam berjualan online, kali ini kami akan membagikan beberapa tips atau starter pack pedagang online baru yang masih bingung dalam cara mengambil foto produk. Selain itu, kami juga akan membahas sedikit tentang bagaimana cara menulis deskripsi produk yang menarik pelanggan. Nah, berikut ini adalah pembahasan lengkapnya.

1. Kamera

Untuk mengambil foto produk, tentunya starter pack pedagang online yang paling pertama harus disiapkan adalah kamera. Kamera di sini tidak perlu bagus atau mahal, kamera smartphone yang anda gunakan saja sebenarnya sudah cukup. Meskipun memang lebih bagus bila anda menggunakan kamera DSLR atau kamera profesional.

BACA JUGA:  3 Hal yang harus di hindari Bagi Para Penjual Online

Tetapi bukan berarti kamera smartphone tidak cukup untuk bersaing dengan kamera profesional. Kunci dalam pengambilan foto produk ini sebenarnya ada pada menataan produk dan pencahayaan. Serta sedikit hal teknis dan masalah intuisi. Sebab dengan kamera profesional yang mahal sekalipun, hasilnya tetap tidak akan menarik bila tidak diikuti dengan faktor – faktor kunci lainnya

kurma ajwa 1
Kurma Ajwa, Beli aja di seputartebet.com

2. Penataan Produk

Berikutnya, ada penataan produk di dalam set atau studio yang akan digunakan. Sama seperti dalam hal kamera, anda juga tidak perlu menyewa studio yang mahal untuk melakukan pemotretan produk. Cukup gunakan bahan – bahan yang tidak terpakai seperti kardus bekas saja untuk membuat set bekas. Atau, anda juga bisa membeli mini studio yang sudah banyak tersedia di toko – toko online.

Bila anda ingin membuat set dari bahan bekas, pastikan hasil jadinya nanti memiliki warna background putih. Sehingga nanti warna di belakang produk tidak akan menghilangkan fokus pelanggan pada produk yang ingin anda pamerkan. Selain itu, jangan sampai set studio yang anda buat juga menutupi set pencahayaan.

amood kismis manis 1
Amood Kismis manis, bisa dibeli juga di seputartebet.com

3. Set Lighting

Starter pack pedagang online berikutnya yang digunakan untuk mengambil foto produk adalah set lighting. Set lighting ini bisa anda dapatkan dari banyak hal. Misalnya dengan menggunakan flash dari smartphone lain, menggunakan set pencahayaan profesional, atau bahkan hanya dengan memanfaatkan sinar matahari saja tanpa perlu mengeluarkan biaya tambahan apapun.

Kuncinya adalah memastikan cahaya terfokus para objek utama yaitu produk yang ingin difoto. Bukan ke latar belakang, dan bukan pula ke objek tambahan seperti manekin atau bungkus korek api yang biasa digunakan sebagai pembanding ukuran produk. Dengan begitu, mata pelanggan akan secara automatis terfokus kepada produk yang difoto, bukan ke objek – objek di sekitarnya.

Amood Fresh goat milk 1
Amood goat milk, ada juga di seputartebet.com

4. Teknik Menulis Deskripsi Yang Menarik

Setelah mengetahui apa saja starter pack pedagang online dan selesai proses pengambilan foto, berikutnya anda harus lanjut ke cara penulisan deskripsi produk yang menarik. Sebab deskirpsi ini akan menjadi bagian kedua yang dilihat oleh pelanggan untuk mengetahui produk anda lebih jauh.

Dalam menulis deskripsi produk sendiri, anda tidak bisa melakukannya secara asal. Terdapat beberapa hal yang perlu anda cantumkan dalam deskripsi agar makin terlihat menarik dan menjanjikan. Seperti contohnya adalah:

  • Ukuran dan variasi warna produk
  • Kegunaan produk
  • Bahan baku pembuatnya
  • Jaminan garansi atau tukar baru
  • Informasi mengenai fitur produk
  • Cara merawat produk

Semua poin – poin ini menunjukan bahwa anda mengert betul produk yang anda jual. Jangan ikuti pedagang online yang menulis deskripsi produknya dengan cara yang tidak profesional seperti “Lihat spek di google”. Sebab hal ini justru membuat pelanggan kurang yakin dengan sang penjual.

Compress Ukuran Gambar Dengan TinyPNG

Sebelum memposting foto yang sudah diambil sebelumnya, sebaiknya anda mengkompres dulu ukuran gambar tersebut dengan TinyPNG. Hal ini juga menjadi salah satu starter pack pedagang online yang wajib anda ketahui, khususnya bila anda menggunakan website sendiri untuk berjualan.

Sebab nantinya, semakin kecil ukuran foto yang anda posting semakin cepat pula waktu loading ketika pelanggan ingin melihatnya. Mengingat file foto berformat PNG memiliki kualitas gambar yang tinggi namun ukuran file yang cukup besar.

Jadi seperti itulah starter pack pedagang online dalam pengambilan foto dan penulisan deskripsi produk yang menarik. Pahami kedua hal paling penting ini agar produk anda bisa semakin laku, jika anda sudah memfoto produk anda dengan baik, kini saatnya melakukan iklan di kanal sosial media, kami sudah membuatkan copywritingnya.

Sending
User Review
0/100 ( votes)
0.0
Comments Rating 0/100 ( reviews)