NR – Pastinya anda tidak asing lagi kalau mendengar kata blog, nah sebelum kita membahas bagaimana cara mendapatkan uang melalui blog yuk kita lihat apa definisi blog, blog itu sendiri merupakan singkatan dari web log untuk definisinya sendiri adalah bentuk aplikasi web yang berbentuk tulisan yang dimuat pada sebuah halaman web, nah, itu sendiri definisi blog

Seseorang yang ingin menjadi blog sebenarnya tidak sulit meskipun pengetahuan wawasan anda belum luas dan minim kemampuan teknis jangan khawatir, kalau anda komitmen terus berusaha pastinya perlahan anda akan bisa menjadi seorang blogger dan penghasilan akan anda peroleh. Nah ada beberapa langkah dasar yang ditempuh seorang blogger yaitu:

1. Membuat Blog

Untuk mendapatkan uang dari blog tentu anda harus mempunyai blog, nah jika anda pemula jangan khawatir karena tidak sesulit yang anda kira ada beberapa langkah sederhana yaitu :

  • Pilihlah platfom yang sesuai untuk membuat blog – rekomendasi WordPress
  • Pilihlah nama domain, nama domain itu sendiri yang mengindetifikasi internet anda.
  • Membuat akun web hosting – pakai yang cloud hosting
  • Instalasi perangkat lunak untuk blog.
  • Pilihlah tema yang sesuai untuk tampilan blog anda.

2. Menentukan Topik/Niche

Setelah anda mempunyai blog langkah awal yaitu menentukan topik. Untuk menentukan topik anda harus konsisten. Tentukan topik yang akan anda tulis, pilihlah topik yang semenarik mungkin.

3. Kembangkan Blog Tersebut

Setelah anda menentukan topik, selanjutnya topik tersebut anda kembangkan menjadi semenarik mungkin. Setelah itu topik tersebut kemas menjadi konten yang menarik sehingga blog anda banyak dikunjungi oleh pembaca.

4.Promosikan Blog Anda

Nah, yang ke empat ini adalah mempromosikan blog anda. Saat ini blogger di Indonesia sudah cukup banyak artinya persaingan pun semakin ketat. Untuk mempromosikan blog anda yaitu dengan cara di forum online, lewat Facebook, lewat Instagram maupun bekerja sama dengan blogger lainnya.

5.Tentukan Metode Monetisasi yang Tepat

Yang terakhir adalah menentukan metode monetisasi yang tepat, monetisasi itu sendiri merubah atau mengelola blog menjadi media untuk mencari uang lewat blog, lebih tepatnya yaitu mendapatkan pendapatan dari blog. Jika anda mahir monetisasi maka anda akan mudah mendapatkan uang. Ada beberapa cara untuk memonetisasi blog, diantaranya yaitu:

  • Pasang iklan

Jika anda menggunakan metode memasang iklan, dianggap cukup efektif untuk mendapatkan pundi – pundi rupiah dari blog anda. Untuk pemasangan iklan ada dua cara yaitu dengan mendaftar ke progam advertising networks atau jaringan periklanan.

Yang kedua yaitu dengan menawarkan secara langsung kepada calon pemasang iklan untuk beriklan di blog anda atau bisa disebut sebagai direct advertising. Untuk kelebihan metode ini adalah penghasilan anda bisa lebih tinggi karena yang iklan terpasang di blog anda tidak melalui pihak ketiga. Tetapi metode ini bisa dibilang tidak cukup mudah karena anda harus bisa mencari calon pemasang iklan yang bersedia beriklan di blog anda.

  • Program Afiliasi

Yang dimaksud progam afiliasi adalah kita bekerja sama dengan sebuah perusahaan untuk mempromosikan barang atau jasa mereka dan mendapatkan komisi pada setiap transaksinya. Besaran komisi setiap transaksinya yang kita dapatkan bervariasi, tergantung kebijakan setiap perusahaannya.

Bentuk kerja sama progam afiliasi biasanya berupa referral link yang akan kita dapatkan ketika bergabung. Referral link berfungsi sebagai tracking sehingga ketika ada calon pembeli yang mengklik link tersebut nama anda akan langsung terdeteksi sebagai sumbernya. Banyak keuntungan yang bisa diperoleh dengan memilih untuk menjadi afiliator. Nah untuk memilih jenis program afiliasi harus sesuai dengan niche blog anda.

  • Jualan Jasa sendiri

Selain produk anda juga bisa menjual jasa melalui blog. Cara menghasilkan uang dari blog ini sangat cocok bagi anda yang mempunyai keahlian yang bisa anda salurkan lewat Internet. Nah jika anda jago menulis anda bisa menyediakan pembuatan artikel, anda juga bisa menyediakan pembuatan desain maupun jasa pembuatan website.

Jika klien anda tanpa perantara, anda dapat memperoleh 100 % uang dari jasa tersebut. Namun jika sebaliknya, anda harus berbagi komisi dengan perantara klien anda. Terlepas dari sumber iklan, anda harus menunjukkan keahlian anda jika ingin banyak klien berdatangan. Caranya bisa membuat postingan seputar keahlian yang anda miliki.

  • Memberikan Bimbingan Privat

Bimbingan privat adalah metode mencari uang lain yang bisa anda lakukan di blog, jika anda menempuh dengan cara ini anda harus memiliki keahlian tertentu untuk membimbing klien. Keahlian tersebut akan berbanding lurus dengan jumlah uang yang akan anda terima.

Nah, setelah kita mengetahui langkah dasar yang harus dimengerti seorang blogger, selanjutnya bagaimana tips cepat mendapatkan uang dari internet dengan bloging

1.Membuat Konten yang Bermanfaat

Setelah anda memiliki langkah dasar menjadi seorang blogger, anda perlu fokuskan perhatian untuk menciptakan konten yang bermanfaat. Pilihlah konten tergantung pada topik yang akan ditulis. Sebenarnya kunci seorang blogger adalah menciptakan konten yang berfaedah atau bermanfaat bagi si pembaca. Jika konten anda bermanfaat, maka pembaca akan lebih mengenal, suka dan mempercayai anda.

2.Menemukan Pembaca

Jika anda sudah membuat konten, tapi percuma kalau tidak ada yang membaca. Bila anda ingin menghasilkan uang dari blog, tidak hanya membuat konten yang baik, mulailah dengan memikirkan tentang jenis pembaca yang anda inginkan pada blog anda.

Setelah tahu siapa yang membaca blog anda tersebut, tanyakan dimana kelompok ini berkumpul secara online. Dan luangkanlah waktu anda untuk telibat disana yaitu dengan meninggalkan komentar, menawarkan gues post, atau cukup dengan menjawab pertanyaan.

3.Membangun Kedekatan dengan Pembaca yang Datang

Pada tahap ini, anda perlu fokus untuk mendekati pembaca tersebut dan membangun sebuah komunitas, yaitu dengan cara membalas komentar yang mereka tulis, dekati pembaca secara profesional dan lakukan apapun dengan membuat mereka datang kembali ke blog anda.

Kemudian pertahankan pembaca yang sudah anda peroleh bahkan jika bisa beri solusi terbaik. Sehingga mereka menyebarkan berita tentang blog anda, secara tidak langsung ikut membangun blog anda sehingga semakin banyak diketahui oleh masyarakat luas.

Jadi mendapatkan uang dari blog memang tidak terlalu sulit tetapi anda harus berkomitmen serta mempunyai kreativitas, tidak putus asa dan selalu berusaha, dengan begitu anda bisa menjadi seorang blogger. Kesimpulannya bagaimana cara mendapatkan uang dari blog adalah anda harus tentukan target pasar atau ketahui demografi pembaca, pilih pengiklanan yang sesuai dengan blog anda, dan tambahkan iklan di blog.

Ketika blog anda sudah berkembang, anda bisa memulai dan menjual produk anda sendiri. Risetlah metode monetisasi yang paling cocok untuk anda dan target pasar. Yang terakhir adalah tetaplah membuat konten berkualitas, menarik pembaca, dan bermanfaat bagi pembaca.

Kesimpulan:

Itulah bagaimana mendapatkan uang dari blog, anda juga bisa menggunakan beberapa cara di atas sesuai kebutuhan. Ada satu hal untuk menjadi seorang blogger yaitu dengan cara bekerja keras, dan selalu berdoa kepada Tuhan agar mendapatkan yang terbaik.

Satu hal yang perlu anda ingat, membuat blog itu mudah dan murah, namun merawat numbuh kembangkan blog tersebut yang tidak semua orang bisa!