Pilih WordPress.com Atau WordPress.org? Kenali Keunggulan Platform Ini Dibandingkan yang Lain

Pilih WordPress.com Atau WordPress.org? Kenali Keunggulan Platform Ini Dibandingkan yang Lain

Banyak orang yang menyamakan WordPress.com dengan WordPress.org. Padahal, keduanya sangat berbeda. Manakah yang lebih baik di antaranya?

Ada dua platform yang umum digunakan untuk aktivitas blogging, yaitu WordPress dan Blogspot. Keduanya kerap dibandingkan, terutama dari segi kemudahan membuat blog, biaya yang harus dikeluarkan, hingga tampilan dan fitur yang tersedia. Sebagian besar memilih WordPress karena dinilai lebih unggul dan lebih populer dibandingkan Blogspot.

Nah, sebelum membahas lebih jauh tentang keunggulan WordPress, perlu diketahui bahwa platform ini terdiri atas dua jenis, yaitu WordPress.com dan WordPress.org. Meskipun namanya serupa, keduanya memiliki banyak perbedaan. Baik WordPress.com maupun WordPress.org dapat dibangun menjadi sebuah blog digital marketing.

WordPress.com VS WordPress.org

wordrpress.com vs org dua
bloggingthing.com

WordPress.com adalah situs yang menyediakan layanan membuat website dengan hosting dan domain yang sudah tersedia. Situs ini dijalankan perusahaan bernama Automattic. WordPress.com diluncurkan pada 2005 dan merupakan instalasi WordPress terbesar di dunia. Salah satu ciri khas website yang didukung WordPress.com adalah kredit bertuliskan “Blog at WordPress.com” .

Sementara itu, WordPress.org adalah perangkat lunak open source gratis yang dapat diunduh dan dipasang di host web mana pun. WordPress.org telah ada sejak 2003. Menariknya, Matt Mullenweg, CEO Automattic, merupakan salah satu pendiri WordPress.org dan terlibat di keduanya. Beberapa kontributor WordPress juga merupakan karyawan Automattic.

Lalu, apa saja perbedaan antara WordPress.com dan WordPress.org dari segi teknis?

  • Harga

Baik WordPress.com maupun WordPress.org sebenarnya dapat diakses dengan gratis. Namun, jika ingin membuat website dengan dukungan WordPress.org, ada biaya yang harus dikeluarkan yaitu untuk membeli domain dan menyewa hosting. Harganya berbeda-beda, tergantung jenis domain dan fasilitas hosting yang dipilih.

Sementara itu, WordPress.com mendukung pembuatan blog secara gratis sepenuhnya. Pasalnya, Anda menumpang pada fasilitas domain dan hosting yang disediakan dengan sejumlah batasan. Jika ingin lebih fleksibel, ada opsi untuk meng-upgrade WordPress.com menjadi paket berbayar. Harganya mulai $4 hingga $45 per bulan dan dibayar per tahun.

  • Domain dan Hosting

Seperti yang telah disebutkan, Anda tidak perlu membeli domain dan hosting saat menggunakan WordPress.com. Sebagai balasannya, ekstensi domain akan otomatis menjadi www.namablog.wordpress.com. Jika menggunakan versi platform berbayar, domain Anda akan menjadi www.namablog.com.

Sementara itu, pada WordPress.org, ekstensi domain bisa lebih variatif sesuai pilihan. Anda bisa menggunakan .com, .id, .co.id, .net, dan sebagainya. Perlu diingat, menggunakan domain berbayar akan menciptakan kesan yang lebih profesional.

Versi gratis WordPress.com juga menyediakan hosting dengan ruang penyimpanan sebesar 3 GB. Dengan jumlah yang tidak terlalu besar ini, wajar jika konten yang bisa diunggah di blog atau website lebih terbatas. Untuk versi berbayar, Anda bisa mendapatkan ruang penyimpanan sebesar 6 GB hingga 200 GB.

Di sisi lain, ruang penyimpanan untuk website yang menggunakan WordPress.org sangat variatif, bahkan unlimited, tergantung hosting pilihan.

  • Tema

WordPress.com versi gratis menyediakan ratusan tema memukau yang bisa dipilih. Meskipun demikian, Anda tidak bisa memasang tema custom yang diinginkan.

BACA JUGA:  [Opini] Brand PR: Cinta Dendam TKW

Tema custom hanya bisa dipasang di WordPress.com versi berbayar dan WordPress.org. Anda bisa menggunakan bahasa pemrograman PHP atau CSS. Jika membuat blog digital marketing, tampilan website akan tampak lebih atraktif dan unik.

  • Plugin

WordPress.com telah menyertakan sejumlah plugin fungsional, di antaranya Statistik WordPress.com, Akismet, SEO Esensial, pemindaian keamanan, dan sebagainya.

Khusus untuk versi berbayar, ada tambahan plugin Custom Design, Unggahan Video, SEO Tingkat Lanjut, dan Google Analytics. Anda juga bisa memasang plugin seperti WooCommerce, Yoast, dan Polylang.

Sementara itu, website yang menggunakan WordPress.org dapat dipasang dengan berbagai plugin untuk menambah fungsinya.

  • Fungsi Berbagi

Perbedaan lainnya antara WordPress.com dengan WordPress.org adalah pada ketersediaan fungsi berbagi. Secara otomatis, Anda bisa langsung mengintegrasikan situs dengan media sosial seperti Facebook atau Twitter pada WordPress.com versi gratis dan berbayar.

Namun, untuk WordPress.org, Anda harus memasang plugin seperti Jetpack agar fitur berbagi ini bisa aktif dan digunakan.

  • Monetisasi

Salah satu penghasilan yang bisa didapatkan dari aktivitas blogging adalah iklan. Namun, Google AdSense dan berbagai iklan luar tidak diizinkan untuk dipasang pada WordPress.com versi gratis. Jika ingin memasang iklan, Anda bisa mendaftar pada WordAds dengan sejumlah persyaratan.

Untuk versi berbayar, Anda akan otomatis terdaftar di WordAds sekaligus bisa memasang Google AdSense. Sementara itu, Google AdSense bisa dipasang secara bebas di WordPress.org.

Keunggulan Platform WordPress

tema bawaaan wordpress
WordPress.org

Setelah membandingkan WordPress.com dan WordPress.org, mana yang lebih cocok untuk kebutuhan Anda? Hal ini tentu sangat tergantung pada tujuan situs yang akan dibangun. Jika ingin lebih fleksibel, memilih platform WordPress.org adalah yang paling tepat.

Berikut beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan dengan memilih platform WordPress:

  1. Perangkat lunak WordPress bersifat gratis, open source, dan mudah digunakan.
  2. Anda memiliki situs web dan memiliki kendali penuh atas semua datanya. Website tidak akan dimatikan, kecuali Anda melakukan sesuatu yang ilegal.
  3. Anda bisa memasang plugin atau aplikasi apa pun ke website.
  4. Anda dapat menyesuaikan desain website sesuai kebutuhan, baik menggunakan tema WordPress.com gratis maupun berbayar. Bahkan, Anda dapat menggunakan desain modifikasi dengan tampilan sesuai kebutuhan.
  5. Dengan WordPress self hosted, Anda bisa membuat toko online. Toko online bisa menjual produk digital atau fisik, menerima pembayaran dengan kartu kredit, bahkan mengirimkan barang langsung dari website.
  6. Website berbentuk keanggotaan atau menjual keanggotaan untuk konten premium juga bisa dibangun dengan platform WordPress.org.
  7. Anda dapat menghasilkan uang lebih banyak dengan memasang iklan pada website.

Akan tetapi, dengan memilih versi yang di-hosting sendiri, Anda harus siap mengurus semuanya, termasuk memperhatikan faktor keamanan. Untuk membangun blog digital marketing, hal ini tentu sangat penting.

Namun, tidak perlu khawatir meskipun Anda masih awam. Dengan memanfaatkan dukungan dari jasa digital marketing agency, urusan teknis membangun website bisa diselesaikan dengan mudah. Bonusnya, Anda juga akan dibantu menyusun digital marketing strategy yang tepat.