10.000 Kesulitan Membangun Website

Bukan bermaksud menjatuhkan mental Anda lewat kalimat-kalimat menyakitkan yang segera saya layangkan pada Anda. Namun ini lebih ke bacaan mengenai realitas yang ada.

Sebelum Anda memulai, ketahuilah bahwa untuk siap menjadi sukses, Anda juga harus siap dengan risiko kegagalan apa saja yang menanti nanti.

Banyak yang mengatakan kalau membangun Website itu mudah. Kalian mencari di Google dengan kata kunci Cara Mudah Membangun Website pun tersebar banyak sekali. Dan beragam blogger, atau orang yang ahli di bidangnya sudah banyak juga yang menebar tips-tips yang ‘katanya’ mudah itu.

Ketahuilah, semua itu bohong. Kalian dibohongi! Kata siapa membuat Website itu mudah.

Atau … kata siapa membuat Website itu murah.

Mahal sekali, dan sulit sekali.

Ingin tahu kesulitan apa saja yang saya maksud di sini?

Dengan senang hati akan kuberitahu kalian.

Menyediakan Unsur-Unsur Pembangun Web Seperti Web Hosting, Nama Domain, Desain Web dan Sebagainya … Mahal

Apa akan terlihat menarik jika Anda masih menggunakan layanan situs pembuat web gratis seperti Blogspot maupun Wordpress? Apakah itu cukup untuk Anda?

Terlebih buat kalian yang menjalankan website untuk keperluan bisnis.

Dan apakah cukup memakai nama domain berakhiran .wordpress.com atau .blogspot.com?

Sungguh lucu dan tak profesional. Akan dipandang seperti apa nanti bisnis kalian bila dari tampilan saja sudah memperlihatkan kalian belum bisa berdiri sendiri.

Dan tak ketinggalan juga dengan desain web Anda sendiri. Memang banyak tersedia desain menarik dan juga gratis, tapi apakah kalian tidak malu di bagian kaki halaman tertulis iklan ‘Design by’ atau ‘Template by’.

Membuat website itu tidak mudah kawan. Butuh banyak hal yang dipersiapkan. Salah satunya ya itu tadi. Harus ada hosting, nama domain serta desain web kalian sendiri.

Yang pasti itu tidak bisa didapatkan secara gratis. Mau tidak mau, jika kalian serius, bukalah dompet kalian lalu belanjakan pada jasa layanan yang menyediakan semua yang Anda butuhkan.

Lalu Anda Pikir Setelah Memiliki Hosting, Nama Domain, dan Desain Web, Website Kalian Sudah Pantas dibilang Sukses?

Jawabannya adalah belum.

Bukan tidak, tapi belum.

Perlu tindakan lebih, dan perlu pengorbanan lebih.

Apa dengan berpikir memiliki semua unsur pembangun membuat website dapat mengalirkan pundi-pundi uang ke rekening bank Anda?

(Kebanyakan orang membangun website dengan tujuan mendapatkan uang)

Membuat website tidak semudah itu. Kalian tidak bisa membiarkan dia hidup sendiri meski sudah memiliki keperluan yang lengkap. Kalian harus menjalankannya. Terus berada di sisinya. Menemaninya.

Mau tidak mau, setelah mengorbankan uang, sekarang gantian mengorbankan waktu serta tenaga Anda.

Meski pekerjaan seperti ini tak menguras keringat, alias hanya duduk di depan komputer dan mengotak-atik mouse serta keyboard, tapi otak Anda terkuras saat itu.

Lelah fisik bisa diistirahatkan dengan dipijat, bagaimana bila lelah pikiran. Apalagi jika sudah menyentuh jiwa Anda. Lelah mental?

Maka dari itu, baca terus bagaimana menyakitkannya tiap bait kalimat saya ini. Baca terus sampai habis supaya mental kalian siap.

Kalian Juga Belum Berhadapan Pada Persaingan Ketat di Dunia Internet. Internet Adalah Medan Perang yang Kejam

Tidak satuan, tidak ribuan, tidak jutaan, bahkan milyaran. Pesaing Anda banyak sekali. Kalian harus sadar.

Bisa disebut berhasil atau tidak adalah ketika Website kalian bisa bersaing dengan membuatnya muncul di urutan awal pencarian search engine (dalam hal ini Google sebab dia yang paling terkenal).

Percuma Website Anda bagus, desainnya indah, memiliki nama domain, tapi tidak bisa dijangkau orang lain.

Belajarlah mengenai SEO, adalah sebuah usaha untuk mengoptimalkan mesin telusur blog di dalam pencarian supaya mudah ditemukan orang.

Dan yang perlu kalian ketahui, belajar soal SEO itu tidaklah mudah. Banyak akar yang harus kalian gali, temukan ujungnya, pahami maksudnya, dan masih banyak lagi.

Dan lagi … lagi … dan lagi, jika malas belajar SEO, Anda bisa menempuhnya dengan jalan mudah. Lewat uang, kalian tak perlu belajar, cukup sewa saja jasa yang sudah ahli di bidangnya.

Sudah saya katakan di atas, membuat Website itu tidak murah.

Bagaimana dengan Konten? Sudahkah Terpikirkan? Sudahkah Kalian Pandai Menulis?

Namanya juga blog, tempat kita menuangkan tulisan, bukan pula YouTube. Dimana hanya ada video di dalamnya.

Jadi benar bukan pertanyaan Saya ini? Mana mungkin yang Anda hadapi adalah tulisan tapi yang Saya tanyakan adalah ‘Sudahkah Anda Mengetahui Cara Menggunakan Kamera?’

Entah berisi apa konten kalian nanti, tapi pada akhirnya tidak akan jauh dari tulisan.

Kata orang sih menulis itu mudah, kita juga sudah belajar menulis sejak duduk di bangku sekolah dasar. Sekolah paling dasar. Dasaaaaar sekali.

Dan apa itu berarti menulis benar-benar sangat mudah?

Jika penasaran, coba saja. Cobalah menulis satu paragraf tulisan berkaitan dengan konten yang Anda usung di Web Anda. Jika mudah, teruskanlah. Imbangi dengan belajar peletakan tanda baca, EBI/EYD, tutur kalimat yang enak, mudah dipahami orang, dan bermanfaat bila dibaca.

Namun jika kalian tidak bisa, Anda dapat menyewa jasa orang yang sudah ahli dalam tulis menulis saja. Lebih simple. Tapi harus keluar uang.

Setelah itu Ada Kesulitan Apa Lagi? Hanya Sebanyak itu?

Tidak!

Selebihnya yang harus Anda hadapi adalah menjadi konsisten.

Jangan biarkan blog Anda mati, jangan biarkan konten kalian basi menjamur sebab tidak pernah Anda perbarui.

Urus ini-itu, semuanya, urus juga nama domain kalian. Setelah satu tahun masa sewa Anda habis, maka perpanjanglah, dan keluar uang lagi.

Dan pertanyaannya, kapan Anda memperoleh uang?!

Mengapa dari tadi saya terus menjatuhkan, berkomentar tanpa memberi solusi serta terus menerus meminta Anda menguras uang?

Solusinya terletak pada diri Anda sendiri dan orang lain. Kalian bisa berusaha sendiri dengan kemampuan Anda, atau lewat bantuan orang lain dengan uang Anda.

Pernah mendengar realita yang manis ini? Bahwa ada sebuah kisah, seseorang yang bodoh, tidak sukses, tidak naik kelas beberapa kali semasa sekolah, tapi dia bisa sukses karena menggunakan jasa orang lain yang lebih pintar dibanding mereka.

Pernah mendengar kisah semacam itu?

Atau kisah orang-orang yang semasa sekolah selalu mendapat nilai bagus namun di dunia setelah sekolah, orang yang tidak memiliki nilai bagus malah lebih sukses dibanding yang memiliki nilai bagus.

Anda jangan menyerah sekarang. Membuat website memang sulit, juga mahal. Banyak orang yang mencoba, lalu gagal di tengah jalan.

Tapi ada orang bodoh yang mencoba, tapi sukses sepanjang jalannya.

Kenapa bisa begitu?

Karena ada orang-orang di baliknya?

Siapa orang itu?

Mereka adalah orang yang gagal tadi.

Sepertinya kalian bingung. Tapi saya tidak.

Intinya adalah, jika Anda membutuhkan orang-orang yang membantu tadi, Anda dapat menggunakan kami.

Jasa yang kami miliki adalah jasa pembuatan website serta optimasi SEO. Bila memiliki masalah dengan hal-hal tersebut, Anda dapat menghubungi kami.

Sekian dan terimakasih.

Penulis: Ainun Nadhifah