WhatsApp Bisnis untuk Para pembisnis Online

Diluncurkan tahun 2009, WhatsApp menjadi salah satu #1 chat aplikasi populer yang banyak digunakan masyarakat indonesia, bahkan dunia, bahkan mungkin orang-orang sudah melupakan apa itu SMS karena WhatsApp, Karena dengan WhatsApp kita bisa mengirim Pesan gambar, pesan suara, menulis status kalimat/video dan masih banyak lagi, WhatsApp melihat besarnya potensi dalam aplikasi populer tersebut yang pada akhirnya WhatsApp merilis platform aplikasi terbaru khusus untuk bisnis, WhatsApp Bisnis, Apa keuntungan WhatsApp bisnis bagi para pembisnis online?

Sejarah WhatsApp Bisnis

WhatsApp pernah merilis dalam laman resmi perusahaannya bahwa WhatsApp bisnis dirancang sebagai sebuah aplikasi yang bisa diunduh gratis dengan target marketnya adalah para pemilik bisnis kecil dan seingat saya dari laman resminya juga, WhatsApp ini diciptakan untuk memudahkan interaksi dengan pelanggan karena dibuat dengan fitur-fitur otomatisasi, menyortir pesan dan balas cepat

Aplikasi WhatsApp dapat dioperasikan di smartphone yang menggunakan sistem operasi android maupun iphone, diperkenalkan versi beta september 2017 dan langsung menyedot perhatian para pembisnis, pada lansiran kompas.com menyebutkan indonesia sebagai negara pertama di Asia yang mencicipi platform WhatsApp bisnis. Begitu pula dengan empat negara lain di awal peluncurannya seperti Italia, Meksiko, dan Amerika Serikat.

WhatsApp Messenger vs WhatsApp Bisnis

Persamaannya tentu adalah sama-sama aplikasi layanan perpesanan, tapi WhatsApp Messenger dan WhatsApp Bisnis juga ada perbedaanya, karena memang beda fungsionalitas, berikut beberapa perbedaan di antaranya:

Logo dan Fitur

Perbedaannya dengan WhatsApp Messenger terletak pada logonya yang menggunakan huruf “B” kapital berlatar warna hijau yang khas. Beda dengan WhatsApp messenger yang berlogo telepon. WhatsApp bisnis juga memiliki beberapa fitur. Seperti melihat statistik pesan terkirim maupun yang diterima dan hal ini tidak ada pada WhatsApp messenger.

Bisa Menambahkan No Telpon Lebih dari satu

Keunggulan dan perbedaan berikutnya adalah dengan WhatsApp bisnis kamu bisa menambahkan nomor telepon rumah maupun kantor sekaligus. Selain itu, kamu bisa menggunakan keduanya dalam satu gadget. Namun, sebaiknya gunakanlah nomor yang berbeda di masing-masing aplikasi tersebut.

Membalas Pesan Otomatis/Balas Cepat

WhatsApp bisnis juga memiliki fitur lainnya yang cukup canggih, yakni dapat membalas pesan secara otomatis. Caranya, kamu bisa menyetel balasan otomatis dalam fitur yang ada ketika mendapatkan pertanyaan yang sama dari para pelanggan. Kamu juga bisa menikmati fitur mengirim pesan otomatis untuk pelanggan baru atau setelah 14 hari tidak chat. Dengan begitu, kamu lebih mudah untuk mengontrol dan melihat perkembangan pelanggan.

Adanya Tanda Centang Hijau

BCA WhatsApp Bisnis

WhatsApp bisnis dalam penggunaannya tidak memerlukan proses verifikasi layaknya WhatsApp messenger. Begitu juga dengan tanda centangnya, jika umumnya pada Twitter dan Instagram akun terverifikasi memiliki centang berwarna biru maka untuk WhatsApp bisnis tanda centang verifikasi berwarna hijau. Jika kamu melihat tanda ini, berarti nomor tersebut resmi milik perusahaan atau bisnis.

Keuntungan WhatsApp Bisnis bagi Pembisnis Online

Keberadaan WhatsApp bisnis baik langsung maupun tidak langsung memberikan dampak yang positif bagi para pelaku bisnis online. Di antaranya adalah memudahkan komunikasi dengan pelanggan secara langsung terkait produk yang ditawarkan. Selain untuk berkomunikasi, kamu juga bisa memanfaatkan WhatsApp bisnis untuk keperluan marketing dan promosi.

Adanya fitur mengirim pesan secara otomatis memang memungkinkan untuk melakukan berbagai macam promosi di platform ini dengan mudah karena terintegrasi dengan Facebook dan instagram

Dengan demikian, kamu juga bisa meningkatkan pelayanan kepada pelanggan. Ingat, konsumen dalam dunia bisnis tidak hanya sekadar menginginkan produk terbaik. Lebih dari itu, mereka ingin mendapatkan pelayanan yang cepat, mudah, dan menemukan solusi atas pertanyaan-pertanyaan mereka

Besar bukan manfaat menggunakan WhatsApp bisnis untuk keperluan usaha dan bisnismu? Kamu masih pake WhatsApp Messenger atau WhatsApp Bisnis buat bisnis online kamu?