Memanfaatkan Digital Marketing Strategy Untuk Meningkatkan Penjualan

Memanfaatkan Digital Marketing Strategy Untuk Meningkatkan Penjualan

Digital marketing strategy merupakan hal penting yang harus dipersiapkan sebelum memulai bisnis online. Tujuannya untuk meningkatkan penjualan.

Apa yang terlintas di benak Anda ketika membaca atau mendengar istilah digital marketing strategy? Pada zaman sekarang, strategi pemasaran seperti ini lazim dimanfaatkan untuk menghadirkan bisnis secara online. Pelaku bisnis akan lebih mudah mengembangkan perusahaan dengan cara meningkatkan traffic ke website dan mengubahnya menjadi konversi.

Digital marketing strategy merupakan serangkaian tindakan yang memanfaatkan channel pemasaran online sebagai salah satu cara mendatangkan pembeli. Channel tersebut dapat berupa media yang dimiliki atau dibayar. Selain itu, ada pula yang disebut earned media, contohnya artikel di media massa dan postingan yang dibagikan pengguna pihak ketiga.

Alasan Memiliki Digital Marketing Strategy

digital marketing
Dialy.oktagon.co.id

Mengapa digital marketing strategy sangat penting dalam mengelola bisnis online? Ada sejumlah alasan yang wajib diketahui.

  • Untuk mengenal pasar online

Bertransaksi di pasar online jauh berbeda dengan pasar tradisional. Pasalnya, calon pembeli berasal dari seluruh dunia. Selain itu, karena tidak bertemu secara langsung, ada kesulitan untuk mengenal dan memahami profil serta perilaku pelanggan. Hal ini dapat menjadi hambatan dalam penjualan. Untuk mengikuti dinamika pasar online, memiliki strategi yang mumpuni sangat penting.

  • Untuk menentukan arah bisnis

Masih ada pelaku bisnis yang tidak tahu arah bisnis yang dikelolanya. Hal ini terjadi bukan hanya di bisnis online, tetapi juga bisnis konvensional. Padahal, tanpa arah dan tujuan yang jelas, sebuah bisnis akan sulit berkembang.

Memiliki digital marketing strategy akan membantu Anda secara otomatis menemukan tujuan bisnis online. Dengan demikian, peluang untuk berhasil pun semakin besar.

  • Untuk memahami kebutuhan pelanggan

Memahami kebutuhan pelanggan bisa dibilang sebagai aspek tersulit dalam pemasaran digital. Ini berarti Anda harus memahami pikiran pengunjung Anda dan mengetahui hal yang mereka inginkan. Dengan digital marketing strategy, kendala ini bisa diatasi.

  • Untuk unggul dari pesaing

Kegunaan digital marketing strategy lainnya adalah untuk membantu Anda supaya lebih unggul dari kompetitor. Anda tidak disarankan untuk meniru strategi yang dilakukan oleh kompetitor karena hasilnya belum tentu lebih baik. Sebaliknya, pilih strategi yang tepat dan efektif berdasarkan keunikan produk dan target pasar.

Jenis Digital Marketing Strategy

jenis digital marketing
Checksite.ca

Ada beberapa jenis digital marketing strategy yang bisa diuji coba pada bisnis Anda. Simak ulasan singkatnya berikut ini.

  • Search Engine Optimization (SEO)

SEO adalah sekumpulan tools atau praktik yang digunakan untuk membuat peringkat website lebih tinggi saat diakses dengan mesin pencari. Dengan kelebihan ini, lalu lintas ke website akan lebih lancar dan potensi keuntungan bagi bisnis semakin besar.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan jika ingin memanfaatkan strategi ini. Pertama, jangan hanya fokus pada traffic, tetapi pada pengunjung bernilai tinggi yang benar-benar tertarik dengan produk yang ditawarkan. Anda bisa memanfaatkan Google Analytics untuk menganalisis hal ini.

Kedua, maksimalkan tampilan website saat diakses dengan browser seluler. Pasalnya, persentase orang yang mengakses website dari perangkat seluler semakin banyak. Jadi, semakin baik tampilannya, semakin baik pula peringkatnya di halaman mesin pencari.

  • Email Marketing
BACA JUGA:  Keunggulan Toko Online vs Toko Konvensional

Email marketing dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan penjualan. Fungsi email marketing adalah membangun koneksi dengan calon pelanggan sekaligus memandu mereka untuk menjadi pelanggan setia. Email marketing berdampak secara signifikan karena jumlah pengguna email di dunia sangat besar.

Untuk membuat email marketing, Anda bisa memanfaatkan sejumlah tools, seperti Constant Contact, MailChimp, atau HubSpot. Selain itu, cara lain adalah membangun email list dengan memberikan penawaran menarik, seperti ebook, akses webinar, free trial, dan sebagainya.

  • Social Media Marketing

Media sosial merupakan channel digital marketing yang sangat powerful belakangan ini. Media sosial membantu pelaku bisnis dengan cara mendatangkan pembeli setelah produk dipublikasikan. Mudah diakses dan selalu fresh adalah ciri khas media sosial sehingga hampir semua orang menggunakannya. Tak heran jika social media marketing sangat membantu.

  • Google Adwords

Google Adwords atau dikenal dengan istilah Pay per Click (PPC) marketing adalah metode yang membawa banyak pengunjung ke website melalui search engine Google. PPC marketing secara spesifik mendatangkan hot lead atau calon customer yang siap membeli.

  • Content Marketing

Digital marketing strategy lainnya adalah menggunakan content marketing. Keunggulan content marketing adalah dapat bertahan lama dan harganya terjangkau.

Content marketing dapat ditujukan untuk menjangkau semua kalangan, termasuk cold audience (belum pernah mengenal produk), warm audience (sudah mengenal tetapi belum memutuskan untuk membeli produk), dan hot audience (berada dalam tahap siap membeli produk).

Menyusun Digital Marketing Strategy

digital marketing strategy
thefortuna.co

Digital marketing strategy bersifat unik untuk setiap produk atau bisnis. Lalu, bagaimana cara menyusun strategi yang tepat untuk produk tersebut? Ada beberapa langkah yang harus dilakukan, yaitu:

  • Definisikan merek Anda

Sebelum menyusun strategi pemasaran, terlebih dahulu definisikan merek yang akan diusung. Kenali faktor unique selling points pada produk.

  • Bangun persona pembeli

Tentukan siapa yang ingin Anda jangkau dengan menciptakan persona pembeli. Tentukan demografi pengguna serta motivasi yang mendorongnya untuk memilih produk atau layanan Anda.

  • Ciptakan tujuan SMART

SMART adalah specific (khas), measurable (terukur), achievable (dapat dicapai), realistic (masuk akal), dan timely (tepat waktu). Dengan mempertimbangkan lima poin ini, Anda bisa menyusun strategi yang paling tepat.

  • Pilih strategi terbaik

Dari berbagai jenis digital marketing strategy, fokuslah pada yang menawarkan lebih banyak nilai pada bisnis Anda.

  • Tentukan bujet

Untuk menjalankan digital marketing strategy, Anda tentu membutuhkan bujet khusus. Tentukan batasnya supaya dapat disesuaikan dengan jenis strategi yang ingin dimaksimalkan.

Digital marketing strategy yang tepat akan memberikan dampak terhadap hasil penjualan secara online. Inilah cara mendatangkan pembeli yang paling efektif. Oleh karena itu, pastikan Anda telah menyusun strategi yang mumpuni sebelum memutuskan untuk memulai bisnis online. Anda juga bisa memanfaatkan jasa digital marketing agency jika ingin mendapatkan hasil yang lebih optimal.