Data dan Fakta seputar jantung kita

Diperkirakan setiap tahunnya sekitar 17 juta orang di dunia meninggal karena penyakit kardiovaskular (yang berhubungan dengan peredaran darah), khususnya serangan jantung dan stroke. Sebagian besar kematian tersebut disebabkan karena rokok, yang meningkatkan risiko terkena penyakit jantung hingga tiga kali lipat. Kurangnya aktivitas fisik dan makanan tak sehat adalah faktor-faktor risiko tinggi lainnya – tetapi ada banyak cara mudah (dan kadang mengejutkan) untuk melindungi jantung anda dan hidup lebih lama.

  1. Bakteri yang bersemayam di mulut tidak hanya menyebabkan kerusakan gigi dan bau napas. Mereka juga mempercepat tingkat perkembangan plak di pembuluh darah, membuat anda lebih rawan terkena penyakit jantung. Semakin sering menyikat gigi, semakin sehat jantung anda.
  2. Sinar matahari bisa membantu menurunkan tekanan darah, menurut salah satu penelitian di Inggris. Para peneliti di University of Edinburgh yakin bahwa sinar matahari mengurangi tingkat nitric oksida di kulit dan darah. Tapi ingat, berjemurlah di bawah 30 menit agar tidak menambah risiko terkena kanker kulit.
  3. Orang yang optimis lebih kecil risikonya terkena serangan jantung atau stroke dibandingkan dengan mereka yang pesimis, menurut Harvard School of Public Health yang merangkum lebih dari 200 penelitian mengenai hal ini. Jika anda sedih, cobalah berolahraga. Hanya 15 menit berolahraga sehari cukup untuk memperbaiki mood anda.
  4. Wanita yang merokok akan menggandakan risiko mereka terkena serangan jantung, menurut studi dari American Heart Association. Anda tidak harus menjadi perokok berat untuk terpengaruh dampaknya – bahkan, menurut para ahli, merokok hanya sesekali pun bisa merusak jantung anda.
  5. Cek selalu tingkat kolesterol anda – itu bisa menyelamatkan hidup anda. Jika tingkatnya tinggi, mengikuti diet kolesterol rendah (dan minum obat jika dibutuhkan) bisa mengurangi risiko terkena penyakit jantung di masa datang.
  6. Jantung adalah otot, dan seperti otot lainnya, ia perlu dilatih agar tetap kuat dan sehat. Para ahli merekomendasikan sedikitnya melakukan olahraga aerobik menengah selama 30 menit lima kali dalam seminggu. Anda juga bisa melakukan kegiatan lain membuat lelah seperti berdansa, membawa anjing anda jalan-jalan, atau berkebun.
  7. Saat stres tubuh anda memproduksi hormon kortisol, yang buruk untuk jantung – kortisol tingkat tinggi selalu diasosiasikan dengan meningkatnya risiko penyakit pembuluh darah. Sisihkan waktu untuk bersantai setiap harinya atau lakukan meditasi, yoga atau tai chi.
  8. Diperkirakan 75% garam yang kita makan sudah ditambahkan kepada makanan seperti roti, keju, sosis, sereal dan biskuit. Para ahli menyarankan untuk tidak makan lebih dari 6 gram garam sehari – terlalu banyak garam akan meningkatkan tekanan darah, yang akhirnya menambah risiko terkena serangan jantung dan stroke. Ingat selalu untuk memeriksa label makanan yang anda beli.
  9. Beberapa penelitian – walau tidak semua – menunjukkan bahwa vitamin C, berperan sebagai antioksidan, bisa memperlambat laju atherosclerosis (pengerasan arteri), menurut University of Maryland Medical Center.
  10. Orang yang memakan ceri dua kali lebih banyak dalam sehari akan mengurangi protein C-reactive – yang berkaitan dengan pembengkakan dan penyakit jantung – sebanyak 16% menurut studi yang dipublikasikan oleh Journal of Nutrition.
  11. Beberapa penelitian menemukan keterkaitan antara pola tidur yang buruk dengan tingginya tekanan darah. Kurang tidur juga berkaitan dengan penumpukan lemak perut, sebuah faktor penyebab penyakit kardiovaskular dan diabetes.
  12. Orang yang makan tujuh porsi sayur dan buah setiap hari hanya memiliki risiko terkena penyakit jantung 31% lebih rendah dibandingkan orang yang hanya makan satu porsi, menurut penelitian oleh University College London.
  13. Gula sederhana (jenis gula yang biasanya digunakan pada makanan jadi seperti roti dan biskuit) telah dikaitkan dengan tingginya level trigliserida yang bisa menyebabkan penyakit jantung. Gantilah nasi putih, tepung dan pasta ke versi berwarna coklat yang lebih sehat dan jauhkan diri anda dari biskuit!
  14. Orang berusia lanjut yang memiliki jaringan teman yang luas berpeluang untuk hidup 22% lebih lama ketimbang mereka yang temannya sedikit, menurut riset Centre for Ageing Studies di Flinders University, Australia. Memiliki jaringan pertemanan yang kuat bisa membantu anda mengatasi masalah hidup dan memerangi stres serta depresi.
  15. Orang yang tidak sarapan berpeluang terkena serangan jantung lebih besar 27% daripada mereka yang langsung makan begitu bangun tidur. Menurut penelitian Harvard University, bepergian tanpa mengisi perut di pagi hari akan menambah beban bagi tubuh kita.
  16. Selain membantu menurunkan tingkat kolesterol, memakan segenggam walnut setiap hari akan membantu memperbaiki fungsi pembuluh darah, menurut riset dari Penn State University di Amerika.
  17. Makan satu atau dua porsi ikan berminyak setiap pekan bisa mengurangi risiko meninggal karena serangan jantung, kata para peneliti dari Harvard School of Public Health dan University of Washington. Asam lemak omega-3 dipercaya bisa menurunkan tingkat trigliserida dan menurunkan tekanan darah.

 

Leave a Reply

error: Budayakan Membaca!
About | Contact | Disclaimer | Privacy Policy | Sitemap | TOS