Cara Membuat Sub Domain di cPanel

Cara Membuat Sub Domain di cPanel

Bagi anda yang masih awam dan tidak terlalu mengetahui tentang istilah-istilah tertentu dalam dunia system pemrograman website, mungkin anda akan merasa asing dengan istilah yang satu ini, yaitu subdomain. Sebenarnya apa sih subdomain itu dan apa fungsinya? Lantas, bagaimana sih cara mudah dalam membuat subdomain di cPanel? Nah, bagi anda yang penasaran dan ingin menambah wawasan anda mengenai istilah subdomain ini, maka anda tidak perlu khawatir, karena pada kesempatan kali ini kami akan memberikan beberapa ulasan menarik dari pengertian hingga bagaimana cara membuat subdomain di cPanel.

Cara Membuat Subdomain di cPanel

Subdomain merupakan bagian dari domain utama (domain atau URL atau alamat website adalah nama unik yang diberikan untuk mengidentifikasi nama server komputer). Subdomain biasanya dibuat untuk membedakan fungsi dari sebuah website. Sebagai contoh docs.namadomain.com tulisan docs di bagian depan namadomain.com (domain utama) tersebut merupakan subdomain.

Nah, fungsi subdomain ini adalah sebagai penanda bahwa halaman tersebut berisi dokumentasi atau panduan mengenai sebuah website. Nah, sebelum membahas lebih jauh tentang bagaimana cara membuat subdomain di cPanel, maka ada beberapa hal yang harus anda persiapkan terlebih dahulu yaitu anda harus memiliki sebuah domain yang sudah terhubung dengan layanan hosting dan memiliki akses ke cPanel. Jika kedua hal tersebut telah anda memiliki maka berikut ini adalah langkah-langkah cara membuat subdomain di cPanel, antara lain :

1. Login ke cPanel menggunakan domain website anda

Langkah pertama dalam membuat subdomain di cPanel yaitu dengan melakukan login ke dalam cPanel dengan menggunakan domain website yang telah anda hubungan dengan layanan hosting tersebut. Caranya adalah dengan menulis nama domain anda kemudian dilanjutkan dengan menambahkan kata cPanel di belakang nama domain utama anda.

Misalnya saja https://namadomain/cpanel (namadomain di isi dengan nama domain anda). Setelah Anda mencoba login ke dalam cPanel dengan langkah tesebut, maka akan muncul sebuah menu login dimana anda harus memasukkan username dan pasword yang anda peroleh setelah menghubungkan domain utama anda dengan layanan hosting sebelumnya.

2. Cari dan pilihlah menu subdomain yang ada di cPanel

Langkah kedua dalam membuat subdomain di cPanel ialah mencari dan memilih menu subdomain pada cPanel. Setelah anda berhasil login atau masuk ke akun cPanel menggunakan domain utama yang telah terhubung dengan layanan hosting tadi, maka langkah selanjutnya dalam membuat subdomain di cPanel adalah dengan mencari dan selanjutnya memilih menu subdomain yang tersedia di cPanel.

Langkah ini dapat dibilang langkah yang cukup penting, jadi pastikan bahwa yang Anda pilih adalah benar-benar menu subdomain jika memang ingin membuat subdomain, sedangkan menu addomain digunakan untuk menambah domain jadi jangan sampai salah.

3. Mulai membuat nama sub domain anda

Mulai membuat nama Subdomain anda

Langkah ketiga dalam membuat subdomain di cPanel yaitu dengan memulai membuat nama subdomain anda. Nah, setelah Anda berhasil menemukan menu subdomain di langkah kedua dan kemudian memilihnya atau meng-kliknya, maka akan muncul tulisan create a subdomain di layar komputer atau laptop anda.

Di bagian ini ada beberapa kolom yang harus anda perhatikan dan pahami. Ada 3 kolom yang berisi subdomain, domain dan document root. Masing – masing kolom tentu memiliki peranan atau fungsi sendiri-sendiri. Berikut ini adalah penjelasan selengkapnya mengenai setiap kolom yang ada di bagian create a subdomain, antara lain :

  • Subdomain

Di bagian kolom pertama create a subdomain di menu subdomain ini, anda perlu memasukkan subdomain yang ingin anda gunakan. Misalnya anda ingin membuat subdomain sebagai penanda yang berisi dokumentasi mengenai website anda, maka anda cukup memasukkan kata docs di bagian kolom subdomain ini. Jadi, ingat bahwa kolom subdomain ini khusus hanya ekstensi subdomain yang di masukkan.

  • Domain
BACA JUGA:  Tutorial Facebook Ads

Di bagian kolom kedua create a subdomain di menu subdomain ini, anda perlu memasukkan alamat website atau domain utama anda yang ingin di tambahkan dengan subdomain yang anda inginkan tadi. Misalnya saja namadomain.com, anda tidak perlu menambahkan subdomain di bagian kolom domain ini karena memang ini khusus untuk domain utama saja (khusus di isi domain utama)

  • Document root

Di bagian kolom ketiga create a subdomain di menu subdomain ini, anda tidak perlu mengisi apa-apa karena kolom ini akan secara default terisi sendiri apabila anda telah memasukkan subdomain dan juga domain utama anda di kolom sebelumnya (pada kolom diatas kolom document root ini). Kolom ini akan berisi folder dari keterangan subdomain anda dan folder ini dibuat dengan format direktori public_html. Jadi jika anda telah mengisi kata “docs” di kolom subdomain dan kata “namadomain.com” di kolom domain, maka kolom document root ini secara default akan terisi “docs.namadomain.com”

  1. Klik tombol “Create” di bagian bawah menu subdomain

Langkah selanjutnya dalam membuat subdomain di cPanel ialah mengklik “create “ jika anda benar-benar telah memastikan bahwa anda telah memasukkan subdomain dan domain yang anda inginkan di langkah ketiga di atas. Nah, jika menurut anda subdomain dan domain utama yang anda masukan benar, maka silakan klik tombol create yang ada di bagian bawah.

Direktori Subdomain

Setelah ini anda akan mendapatkan sebuah pesan yang berisi apakah subdomain anda berhasil dibuat atau tidak. Apabila pada langkah ini terjadi kesalahan atau subdomain anda gagal di buat, maka anda dapat menghubungi layanan hosting anda. Sebenarnya sampai langkah keempatnya ini subdomain anda sudah berhasil anda buat jika memang anda telah menerima pesan mengenai keberhasilan pembuatan subdomain anda. Namun, apabila anda masih ragu, maka anda dapat mengeceknya dengan melakukan langkah-langkah berikut ini:

Cara mengecek subdomain yang telah berhasil dibuat

Jika anda ingin melihat subdomain yang telah berhasil anda buat maka anda dapat langsung melihatnya pada kolom modify a subdomain yang ada di bagian bawah halaman tersebut. Di kolom ini pula, anda dapat menghapus subdomain anda yang lama dengan meng-klik “remove “ pada subdomain yang akan dihapus. Kemudian, apabila anda ingin mengarahkan subdomain baru anda ke suatu halaman web tertentu, maka pilih manage redirection dan masukkan alamat website yang akan dituju.

Perlu anda ketahui bahwa setelah pembuatan subdomain selesai, maka akan tercipta sebuah folder baru dimana nama dari folder baru ini sama dengan nama subdomain yang telah anda buat tadi. Jadi misalnya anda tadi membuat subdomain docs.namadomain.com maka akan tercipta sebuah folder dengan nama docs yang ada di directory /docs/ atau /public_html/docs. Kemudian jika anda ingin mengisi subdomain dengan file website, maka anda cukup menginstall atau meng-upload film website tersebut pada folder /docs atau /public_html/docs yang merupakan folder subdomain baru yang anda buat tadi. Nah, demikian cara membuat subdomain di cPanel, semoga bermanfaat.

Write a Comment