Bagi anda yang masih awam dan tidak terlalu paham tentang sistem pemrograman dalam website, tentu istilah-istilah seperti domain, subdomain dan juga addon domain akan membuat anda merasa asing dan bertanya-tanya apa sih sebenarnya istilah-istilah tersebut. Nah, pada kesempatan kali ini kami akan memberikan beberapa ulasan mengenai salah satu dari ketiga istilah-istilah tersebut, yaitu addon domain.

Mungkin anda sudah pernah mendengar istilah yang satu ini, namun anda masih bingung tentang sih sebenarnya addon domain itu. Lantas, bagaimana dengan permasalahan umum yang di hadapi orang-orang tentang cara membuat addon domain di cPanel itu? Bagi anda yang penasaran, maka berikut adalah penjelasan selengkapnya mengenai cara membuat addon domain di cPanel.

Shares
  • Twitter
  • Facebook

Addon domain adalah sebuah domain (URL atau alamat website) tambahan yang diletakkan pada akun hosting. Jadi, apabila anda ingin memiliki beberapa domain tambahan dalam satu hosting, maka fitur addon domain ini menjadi salah satu cara atau solusi alternatif yang dapat anda gunakan. Nah, dengan menggunakan fitur addon domain ini anda tidak perlu membuat akun hosting yang baru untuk sebuah domain. Perlu anda ketahui, bahwa ada beberapa hal yang harus anda pastikan sebelum mencoba membuat addon domain di cPanel.

Anda harus benar-benar memiliki sebuah domain yang sudah terhubung dengan layanan hosting dan memiliki akses ke cPanel agar anda dapat membuat addon domain di cPanel itu sendiri. Lantas, bagaimana sih cara membuat addon domain di cPanel ini? Bagi anda yang penasaran, maka anda tidak perlu khawatir lagi berikut ini kami telah menyiapkan langkah-langkah mudah dalam membuat addon domain di cPanel, antara lain :

1. Login ke cPanel menggunakan domain website anda

Langkah pertama dalam membuat addon domain di cPanel ialah dengan melakukan login ke cPanel dengan menggunakan domain website yang telah anda hubungkan dengan layanan hosting sebelumnya. Caranya adalah dengan menuliskan nama domain anda kemudian di lanjutkan dengan menambahkan kata cPanel di bagian belakang nama domain utama anda, misalnya saja seperti https://namadomain/cPanel (namadomain di isi dengan nama domain anda).

Setelah anda mencoba login ke dalam cPanel dengan langkah tersebut, maka akan muncul sebuah menu login dimana anda harus memasukkan username dan pasword yang anda peroleh setelah berhasil menghubungkan domain utama anda dengan layanan hosting sebelumnya.

2. Cari dan pilih menu addon domain di cPanel

Shares
  • Twitter
  • Facebook

Langkah kedua dalam membuat addon domain di cPanel setelah anda berhasil login ke cPanel menggunakan username dan pasword yang anda peroleh jauh-jauh hari setelah berhasil menghubungkan domain utama anda dengan layanan hosting adalah mencari menu addon domain dan selanjutnya anda dapat langsung memilihnya untuk membuat addon domain atau menambahkan domain di cPanel anda.

Nah untuk mencari menu addon domain ini tidaklah sulit, anda dapat langsung menulis kata “addon“ pada kolom pencarian di tampilan awal cPanel. Setelah itu, maka akan muncul tampilan “domain” dan di bagian itulah terdapat menu “addon domain”, maka anda dapat langsung memilih menu Addon domain tersebut.

3. Mulai membuat addon domain

Shares
  • Twitter
  • Facebook

Langkah selanjutnya yaitu dengan memulai untuk membuat Addon domain anda. Setelah anda berhasil menemukan dan kemudian memilih menu addon domain pada langkah kedua dalam membuat addon domain tadi, maka selanjutnya adalah bagian paling inti dalam pembuatan addon domain di cPanel anda.

Di bagian ini anda akan melihat tampilan menu addon domain dimana terdapat beberapa kolom yang harus benar-benar anda perhatikan dan selanjutnya anda isi dengan benar. Pada bagian ini terdapat 3 kolom untuk membuat addon domain, antara lain kolom new domain name, subdomain, dan document root. Berikut ini adalah sedikit penjelasan mengenai ketiga kolom dalam tampilan menu addon domain tersebut, antara lain :

  • New domain name : kolom pertama ini harus anda isi dengan nama domain yang ingin anda tambahkan, misalnya saja domainanda.com. Nah, jadi kolom pertama ini khusus anda isi nama domain yang ingin anda tambahkan saja.
  • Subdomain : seperti judul kolomnya, kolom kedua ini adalah kolom khusus untuk subdomain anda. Perlu anda ketahui bahwa pada kolom kedua ini, cPanel akan secara otomatis menambahkan subdomain jika anda hanya ingin menambahkan satu domain saja, misalnya domainanda.com. Akan tetapi jika anda memiliki beberapa domain dengan nama yang sama namun berekstensi berbeda, misalnya saja domainanda.com dan domainanda.net, maka disarankan untuk menggantinya dengan nama yang berbeda pada kolom subdomain tersebut, misalnya saja dengan menggunakan nama domainandadua.
  • Document root : kolom ketiga ini juga akan terisi secara otomatis. Bagian ini adalah path dari file domain. Jika tadi anda menambahkan nama domain domainanda.com maka kolom ini akan terisi “public_html/domainanda.com” ini berarti film domain yang anda tambahkan tadi tersimpan di folder public_html > domainanda.com. sebenarnya anda dapat merubah folder ini, namun kami sarankan untuk membiarkannya seperti itu saja.

Di bagian ini pula akan terdapat pengaturan mengenai akun FTP. Jadi ini adalah pilihan opsional. Pilihan ini akan membuat akun FTP tambahan untuk domain yang dimasukkan pada fitur addon domain tersebut. Jika anda ingin mengelola semua domain sendiri, maka silakan untuk tidak mencentang bagian FTP ini. Tetapi, jika domain yang anda tambahkan tadi akan dikelola oleh orang lain atau klien, maka silakan untuk memberikan tanda centang pada bagian FTP tadi.

Hal ini bertujuan untuk membuat akun FTP terpisah sehingga klien anda hanya dapat mengakses file sesuai dengan domain yang di tambahkan tersebut. Nah jika anda mencentang pilihan “create an FTP account associated with this addon domain “ maka akan tampil beberapa kolom baru yang harus anda isi, antara lain seperti username dan pasword dari akun FTP yang akan  anda buat.

Anda dapat mendapatkan pasword dengan fitur pasword generator lalu menekan tombol generate pasword. Setelah anda mendapatkan pasword, anda juga dapat mengatur advanced options untuk pilihan lanjutan. Silahkan simpan pasword tersebut di tempat yang aman kemudian anda dapat mencentang “I have copied this pasword in a safe place “ dan klik use pasword. Melalui cara ini, maka sistem akan membuat pasword baru pada kolom FTP pasword.

4. Klik add domain dan anda dapat mengatur domain yang anda tambahkan tadi

Shares
  • Twitter
  • Facebook

Langkah terakhir dalam membuat addon domain di cPanel adalah dengan meng-klik “add domain” apabila anda sudah mengisi semua informasi yang diperlukan tadi mengenai new domain name, subdomain, document root, dan akun FTP pada langkah ketiga tadi. Setelah meng-klik “add domain” ini, maka anda timbul sebuah pemberitahuan bahwa anda berhasil membuat addon domain di cPanel.

Selanjutnya anda dapat mengupload file website ke dalam sub folder domain yang anda tambahkan tadi (misalnya public_html/domainanda.com). Kemudian, anda juga dapat mengecek dan mengatur addon domain baru anda pada fitur modify addon domain yang berisi beberapa informasi penting terkait addon domain anda, antara lain seperti daftar addon domain yang telah anda tambahkan (addon domain), sub folder addon domain (document root), subdomain dan Redirect to (informasi mengenai kemana addon domain diarahkan). (RTH)