Cara Memaksimalkan Twitter Untuk Bisnis Online

Memang apa sih hal-hal bermanfaat yang dapat Twitter berikan pada kita yang ingin mengembangkan sebuah bisnis?

Bukan apa-apa, hanya saja Twitter hanyalah jejaring sosial berbagi teks yang jumlah karakternya dibatasi hanya 280 karakter saja. Dulunya hanyalah 140 karakter, dan pada 07 November 2017 telah dinaikkan sebanyak yang kita lihat saat ini.

Apakah hal tersebut cukup untuk mengembangkan bisnis di Twitter?

Namun kenyataannya, jumlah tersebut sangatlah cukup bila Anda tahu cara bagaimana mengunakan Twitter untuk bisnis dengan tepat.

Sampai saat ini, pengguna Twitter sudah mencapai 500 juta manusia lebih yang ada di dunia. Meski tidak sebanyak sosial media lain seperti Instagram dan Facebook, namun Twitter juga banyak dijadikan para pebisnis sebagai pendongkrak bisnis mereka.

Sebelum mengetahui cara meningkatkan bisnis di Twitter, sebaiknya Anda ketahui unsur-unsur pembangun apa saja yang dapat Anda manfaatkan untuk semakin mengembangkan bisnis di Twitter.

Unsur-Unsur Pembangun Twitter

1. Tweet

Tweet adalah kicauan Anda yang kalian kirim kepada pengguna lain. Kicauan itu bisa berupa teks, tautan, foto, maupun video.

Untuk teksnya sendiri seperti yang sudah dijelaskan, memiliki batas karakter 280 saja.

2. Balas

Kegunaannya adalah untuk membalas kicauan seseorang. Dengan memanfaatkan fitur tersebut dapat menunjukkan kepedulian Anda atau reaksi Anda terhadap tweet seseorang.

Kalian yang mengirim tweet pun juga bisa mendapat balasan dari orang lain.

Jadi ada timbal balik di antara postingan Anda dengan penyimak.

3. Retweet

Seperti Reuploud, tapi tidak meninggalkan keterangan siapa pembuat sebenarnya dari tweet tersebut. Fungsinya untuk membagikan ulang tweet bersangkutan di akun Twitter Anda yang nantinya bisa dilihat oleh pengikut kalian sendiri.

Yang menguntungkan dari berbisnis di Twitter ini adalah kalau postingan Anda diretweet oleh seseorang. Semakin banyak dibagikan, semakin dikenal Anda saat itu.

4. Suka

Sentuh tombol hati di bawah tweet seseorang, maka Anda saat itu telah menunjukkan bentuk suka Anda. Tombol suka juga bisa Anda jadikan sebagai penanda, atau memudahkan kalian menemukan kembali tweet yang telah Anda suka tersebut.

5. Hashtag

Berwarna biru, tidak memiliki spasi, dan selalu diawali dengan simbol #.

Dengan memberikan hastag, kalian memberikan topik tertentu pada postingan Anda yang nantinya bisa dicari orang dengan mudah.

6. Sebutan

Menyebut nama pengguna orang lain dalam cuitan Anda bisa membuat konten kalian makin diperhatikan orang lain. Khususnya orang yang Anda tag saat itu. Fitur itu juga bisa kalian gunakan untuk membuat cuitan khusus seperti digunakan untuk mengucapkan terimakasih, bertanya pada seseorang, dan sebagainya.

Memaksimalkan Bisnis dengan Twitter

Setelah mengetahui unsur-unsur pembangun apa saja yang dapat memaksimalkan bisnis Anda, sekarang saatnya kalian mengetahui apa saja hal-hal yang harus Anda lakukan untuk berbisnis di  Twitter.

1. Batasi penggunaan link website

Di sini Twitter hanyalah penghubung. Segala kegiatan bisnis tidak bisa dilakukan di Twitter secara keseluruhan. Website menjadi pelengkapnya, maka dari itu banyak yang menyelipkan link tautan pada setiap postingan dengan harapan pembaca bisa masuk lebih dalam pada lingkaran bisnis mereka.

Padahal dengan menambahkan link terlalu sering dapat membuat postingan kalian mengganggu. Ciptakanlah dialog yang nyaman bersama pembaca dengan susunan teks yang natural. Hindarilah memasang link terlalu sering, ingat juga jumlah karakter Twitter tidak bisa sebanyak Facebook.

Jika ingin menaruh link, lebih efektif kalau Anda taruh di bio kalian.

2. Berusahalah supaya tweet Anda diretweet orang lain

Ada sebuah tips supaya tweet Anda ramail diretweet orang lain. Yaitu dengan menambahkan gambar dalam setiap cuitan kalian. Menurut riset, menambahkan gambar dapat menaikkan presentase sebanyak 78% lebih banyak dibanding tidak menambahkan gambar.

Di sini gambar bisa bertindak seperti click bait. Namun Anda harus tahu, Twitter memiliki jumlah batas postingan gambar dalam setiap cuitan. Anda belum bisa mengupload gambar secara berlebihan, hanya dibatasi 4 gambar saja.

3. Manfaatkan pencarian

Dengan pencarian, Anda akan tahu apa yang sedang populer atau yang sedang banyak diperbincangkan.

Mengikuti topik yang sedang hangat-hangatnya bisa memudahkan Anda untuk selangkah lebih mudah dikenal oleh orang lain.

Atau kalian ingin lebih khusus lagi? Beruntungnya sebab Twitter memiliki keunggulan dalam hal pencarian yang dapat mendongkrak pergerakan bisnis Anda.

Twitter dapat mencari topik yang sesuai dengan bisnis yang kalian cari.

Contohnya bisnis Anda adalah makanan, maka Anda dapat mencari kata kunci yang berhubungan dengan makanan lalu menemukan perbincangan aktif yang sedang membicarakan makanan.

Kalian juga bisa memanfaatkan Advanced Search yang nantinya akan memberikan kalian hasil pencarian yang terdapat di wilayah tertentu dekat tempat tinggal Anda.

Pencarian yang ada di Twitter memberikan kalian kemudahan untuk dekat pada calon-calon pelanggan.

4. Memposting tweet pada waktu yang tepat

Menurut Hubspot, waktu terbaik untuk mengunggah postingan Twitter adalah dari pukul 12:00 – 3:00 p.m (Senin hingga Kamis) dan pukul 5:00 – 6:00 p.m (Rabu).

Atau kalian bisa menemukan waktu posting kalian sendiri dengan mencoba semua waktu kemudian membandingkannya, waktu mana yang memberikan kalian like, balasan, retweet yang banyak.

5. Menggunakan hastag

Ketika suatu hastag menjadi sangat populer, maka akan ada banyak sekali orang yang mengakses hastag tersebut.

Bagaimana jika Anda menggunakan hastag itu untuk keperluan bisnis? Bisakah nanti postingan kalian ikut diakses banyak orang karena menggunakan hastag yang populer?

Bisa jadi begitu, bisa jadi malah mengganggu. Yang penting itu cuitan kalian dengan hastag tetap berkesinambungan. Supaya saat dibaca, tetap terasa nyaman.

Menggunakan hastag juga jangan terlalu banyak. Sebab ingat, jumlah karakter saja dibatasi, mau menggunakan hastag seberapa banyak?

Gunakan seperlunya saja.

Belajar Bisnis Twitter dari Twitter Orang Lain

Ada yang sudah terlebih dulu sukses dibanding kalian yang baru memulai. Lihat beberapa akun Twitter bisnis yang sukses menggunakan Twitter sebagai media berbisnis mereka.

Cobalah lihat dari mereka membuat konten, postingan, memberikan informasi, dan segala jenisnya.

Berikut ini adalah beberapa akun Twitter yang dapat Anda jadikan sebagai tempat belajar.

1. Amazon

Amazon memiliki kebiasaan yang unik, mereka selalu mengganti cover Twitter dengan tema-tema yang berhubungan dengan yang terjadi saat ini. Membuat mereka terlihat selalu hidup dan tidak ketinggalan zaman.

Selain itu, postingan mereka begitu bermanfaat sebab tak jauh-jauh dengan tips dan trik. Meski begitu, sisi dimana mereka sedang menggaet para konsumen mendekat tidak bisa ditinggalkan.

2. Sony

Sony memiliki banyak sekali menelurkan anak perusahaan, seperti Playstation, SonyElectronics, SonyLegacyRecs, SonyPictures, dan sebagainya.

Sony sering sekali melakukan Retweet pada Twitter anak-anak perusahaannya. Dan dari situ kalian bisa belajar bahwa cara tersebut sangat efektif untuk meningkatkan bisnis rekan-rekan perusahaan kalian.

Cobalah untuk saling me-retweet. Tapi pastikan apa yang Anda bagikan itu bermanfaat, tidak asal dibagikan begitu saja.

3. Starbucks

Yang dapat ditiru oleh merk yang begitu terkenal ini adalah interaksi mereka terhadap followers yang terus berjalan meski jumlah followers mereka sudah begitu banyak.

Selain itu, dalam setiap postingan, Starbucks tidak pernah meninggalkan yang namanya hashtag.

Mereka yang sudah begitu terkanal saja masih menggunakan hashtag, jadi kalian juga jangan sampai kelewatan dengan salah satu tips beebisnis menggunakan Twitter tersebut.

Penulis: Ainun Nadhifah