Cara dan Manfaat Membangun Branding Identity Untuk Kesuksesan Bisnis

Cara dan Manfaat Membangun Branding Identity Untuk Kesuksesan Bisnis

Kekuatan brand identity memiliki pengaruh yang besar terhadap penjualan produk. Bagaimana cara membangun kekuatan merek tersebut?

Nike adalah salah satu merek yang sangat kuat dan ikonik. Hampir semua orang mengenal logo Swoosh atau tanda centang yang mewakili merek produsen pakaian dan sepatu olahraga ini. Bukan hanya logo, slogan Nike yang berbunyi, “Just do it” juga sangat populer, baik di kalangan penggunanya maupun masyarakat luas.

Contoh lain adalah merek restoran cepat saji, McDonald’s. Restoran yang didirikan oleh Dick dan Mac McDonald bersaudara ini mengusung merek berbentuk huruf M melengkung dengan warna emas. Tanpa disertai nama restoran pun, merek ini tetap mudah dikenali. Kepopuleran Nike dan McDonald’s adalah karena keduanya memiliki brand identity yang kuat. 

Brand identity atau identitas merek adalah kumpulan semua elemen yang diciptakan oleh perusahaan untuk menggambarkan citra dirinya secara tepat pada pelanggan. Dengan membangun identitas merek, publik akan lebih mudah mengenali produk Anda. Kondisi ini dapat membantu Anda memaksimalkan cara berbisnis di internet.

Manfaat Brand Identity yang Unik dan Kuat

membangun brand identity
flux.design.us

Identitas merek yang unik dan kuat tidak hadir begitu saja. Hal ini harus dibangun dengan penuh upaya. Tak jarang, butuh bujet yang tidak sedikit dan waktu yang tidak singkat. Namun, ada sejumlah manfaat yang bisa dirasakan jika identitas suatu merek sudah dikenal oleh banyak orang.

Pertama, akan lebih mudah bagi Anda untuk melakukan distribusi produk jika mereknya terkenal. Bukan hanya distributor, masyarakat pun pasti lebih percaya pada produk dengan identitas merek yang kuat. Selanjutnya, hal ini akan berpengaruh terhadap volume penjualan.

Kedua, pelanggan biasanya lebih loyal pada merek yang sudah dikenal. Hal ini tentu harus diimbangi dengan kualitas produk dan jasa yang ditawarkan. Secara tidak langsung, hal ini berdampak pada keuntungan bisnis. Pasalnya, konsumen pasti lebih memilih membeli atau mengonsumsi produk yang telah ia kenal.

Ketiga, merek yang memiliki identitas yang kuat akan lebih mudah mendapatkan referensi profesional. Ini merupakan suatu keuntungan karena meningkatkan kredibilitas produk.

Cara Membangun Brand Identity

brand identity
depositphotos.com

Merek yang unik dan kuat akan menjadi pembeda dengan pesaing. Karena itu, membangun identitas merek merupakan tugas penting para pelaku bisnis agar lebih sukses. Nah, ada beberapa langkah yang bisa Anda tempuh, yaitu:

  • Lakukan riset terhadap bisnis

Seperti halnya mengembangkan cara berbisnis di internet, riset merupakan langkah pertama yang sangat penting. Ada 5 faktor yang perlu dikenali, yaitu audiens, nilai proposisi dan persaingan, misi, personality, dan analisis SWOT.

Bukan lagi suatu rahasia jika tiap audiens memiliki keinginan yang berbeda. Pelajari apa yang diinginkan audiens dari bisnis Anda untuk menciptakan merek yang disukai.

Nilai proposisi dan persaingan berbicara tentang keunikan dan hal yang bisa ditawarkan kepada orang lain. Mengetahui perbedaan yang ada di antara Anda dan kompetitor akan membantu mengembangkan merek.

Anda juga perlu menentukan misi yang jelas dan tepat dari bisnis yang diusung. Sadari apa yang bisa ditawarkan kepada pelanggan. Sebelum benar-benar mengenal misi bisnis tersebut, Anda belum dapat menciptakan merek yang kuat.

BACA JUGA:  Keunggulan Toko Online vs Toko Konvensional

Personality bukan hanya dimiliki oleh individu. Anda juga dapat membangun personality sebuah brand image. Gunakan tipe, warna, dan citra untuk merepresentasikan suatu merek. Terakhir, lakukan riset dengan analisis SWOT (Strengths, Weaknesses, Opportunities, Threats) untuk memahami merek lebih dalam.

  • Buat desain logo dan template

Langkah selanjutnya setelah mengenal bisnis luar dalam adalah mendesain logo dan template. Logo bukanlah keseluruhan identitas merek, tetapi merupakan elemen yang penting dalam proses melakukan branding. Logo merupakan bagian merek yang dapat dikenali dengan mudah.

Identitas merek juga berkaitan dengan bentuk yang khas, baik produk yang dijual, kemasan, atau cara menyajikan produk. Bentuk ini harus ditampilkan secara konsisten sehingga pelanggan menjadi familier.

Menetapkan palet warna juga merupakan salah satu trik untuk mempertegas identitas merek. Warna sangat variatif sehingga Anda bisa menciptakan desain yang unik. Selain itu, menggunakan template tertentu, misalnya saat mengirim surat, juga akan membantu memperkenalkan identitas merek.

  • Perhatikan bahasa yang digunakan

Konten juga penting untuk membangun identitas merek. Konten yang bagus akan menciptakan merek yang menarik, demikian pula sebaliknya. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, salah satunya bahasa. Gunakan bahasa yang sesuai dengan kepribadian merek Anda.

Bangun pula koneksi dan emosi dengan pelanggan melalui bahasa. Caranya, buat cerita yang menggerakkan secara emosional untuk bertindak. Jika emosi sudah terkoneksi, ini adalah dasar untuk membangun loyalitas pelanggan terhadap merek.

Beriklan pun merupakan salah satu cara untuk memperkenalkan merek ke seluruh dunia. Selain itu, Anda juga bisa memanfaatkan media sosial untuk berinteraksi dengan pelanggan sekaligus memperkenalkan merek.

  • Kenali hal yang harus dihindari

Saat membangun identitas merek, ada sejumlah hal yang wajib dihindari. Pertama, jangan memberikan pesan yang tidak jelas kepada pelanggan. Karena itu, gunakan bahasa yang tepat dan mudah dipahami serta lengkap dengan gambar visual. Kedua, jangan sekali-kali meniru kompetitor.

  • Pantau merek untuk mempertahankan identitas

Membangun merek adalah proses yang wajib dilakukan terus-menerus. Namun, Anda bisa menguji kekuatannya melalui Google Analytics, survei, komentar, diskusi di media sosial, dan sebagainya. Hal ini perlu dilakukan untuk memantau merek dan mencari tahu sejauh mana orang-orang mengenal merek tersebut.

Nah, inilah beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk menciptakan identitas merek yang kuat. Berbekal kekuatan ini, akan semakin mudah bagi Anda untuk menggenjot penjualan karena calon pelanggan telah akrab dengan produk. Ini merupakan salah satu cara berbisnis di internet yang menarik untuk diterapkan.

Akan tetapi, jika merasa kesulitan melakukannya secara mandiri, Anda dapat memanfaatkan jasa digital marketing agency. Layanan yang tersedia di sini akan membantu Anda mengelola website sehingga dapat berperan meningkatkan kekuatan identitas merek secara optimal. Sangat bermanfaat, bukan?