10 Kuliner Cirebon Favorit, Enak

Nah,jika anda berkunjung di Cirebon maupun berwisata atau berlibur pastinya tidak lengkap sebelum mencicipi makanan khas yang ada di Cirebon. makanan khas yang ada di Cirebon juga tak kalah menyenangkan di bandingkan kota pariwisata lainya. Ada banyak pilihan makanan yang menggoda lidah anda selain rasanya yang enak harganya pun terjangkau. Di samping itu, wisatawan pun bisa mengunjungi tempat-tempat makan khas cirebon selesai berwisata atau berlibur. Kuliner di Cirebon memang bervariasi ada yang buka pagi hari, siang hari saja, atau malam hari.

Makanan khas Cirebon itu sendiri mempunyai keunikan tersendiri karena lokasinya berada di perbatasan antara Jawa tengah dan Jawa barat. Nah perpaduan dua budaya yang berbeda tentu bisa di rasakan lewat makanan khas Cirebon yang terkenal nikmat ini.berikut ini beberapa referensi yang bisa anda jadikan sebagai panduan untuk berburu kuliner di Cirebon.

1. Nasi Jamblang Bu Nur

Nasi Jamblang adalah makanan khas daerah Cirebon Jawa barat, Indonesia. Nasi Jamblang itu sendiri adalah nama daerah di barat kota Cirebon tempat asal pedagang kuliner tersebut. Nasi Jamblang merupakan nasi putih yang di bungkus dengan daun jati dan boleh ditambahkan dengan berbagai macam lauk pauk yang di sajikan bersamaan. Saat ini, daun jati sudah tidak di gunakan sebagai pembukus nasi, melainkan sebagai alas piring.

Sedangkan lauk pauk yang di dapat di pilih adalah tempe goreng, tumis cumi hitam, tumis udang, aneka sate, semur telur, gulai lidah, dan masih banyak lagi, pengunjung yang datang pun bisa memilih langsung lauk pauknya sebagai pelengkap nasi. Harga lauk pauknya pun bervariasi mulai dari Rp 3000 hingga Rp 17.500 dan semakin banyak lauk pauknya maka semaki mahal harganya.

Di Cirebon pun sudah banyak warung-warung yang menyajikan makan ini tapi walaupun banyak keseluruhannya pun ramai dikunjungi pengunjung. Kalau anda ingin menyantap makanan ini di waktu siang hari, jangan harap warung-warung makan ini lenggang, apalagi jika anda datang kemalaman di atas pukul jam 7 malam dijamin anda tidak akan kebagian. Nasi Jamblang Bu Nur berlokasi di Jalan Cangkring No 34

2. Empal Gentong Amarta

Empal Gentong Amarta terletak di Batemmbat, kabupaten Cirebon warung empal ini berdiri sejak tahun 1997. Empal Gentong Amarta ini terbilang ramai di kunjungi terutama saat akhir pekan, libur panjang bahkan momen mudik lebaran.

Empal Gentong Amarta ini rasanya yang enak dan segar sehingga pengunjung yang datang kebanyakan dari luar kota hanya untuk mencoba Empal Gentong Amarta, tak hanya empal gentong yang di jual tempat makanan ini juga menyediakan varian lainnya yaitu empal asem yang sangat cocok di makan para perempuan.

Empal gentong maupun empal asem di jual Rp 24,000 (Oktober 2019)  per porsi, sementara untuk paket dengan nasi di jual Rp 29, 000 per porsi, empal amarta buka mulai pukul 09.00 WIB sampai 20.30 WIB

3. Nasi Lengko H. Barno

Nasi Lengko H.Barno merupakan penjual nasi lengko legendaris yang ada di Cirebon yang sudah ada sejak tahun 1968, nasi lengko H.Barno berlokasi di jalan panggongan dan Kini mempunyai cabang di jalan bahagia. Soal cita rasanya tidak perlu di ragukan lagi karena H.Barno selaku pemilik warung ini mampu mempertahankan cita rasanya sejak jaman dahulu hingga sekarang.

Dari racikan bumbu kacangnya yang rasanya tidak pernah berubah, hingga kenikmatan sate kambingnya menjadi hidangan lezat yang selalu menarik anda. Pemilihan bahan yang konsisten dan penggunaan kayu serta orang yang memasak menjadi alasan kenapa nasi lengko H.Barno tetap di terima masyarakat. Warung ini buka mulai pukul jam 06.00 WIB sampai pukul 02.00 WIB.

4. Tahu Gejrot Kanoman

Tahu Gejrot Kanoman berlokasi di jalan Kanoman Kecamatan Pekalipan Kota Cirebon Jawa barat. Tahu Gejrot Kanoman memiliki taburan cabai di atas tahu gejrotnya yang membuat tahu ini semakin enak tidak hanya itu Tahu Gejrot Kanoman juga memiliki tingkat kepedasan uang yang bervariasi. Harga tahu gejrot Kanoman harganya sangat terjangkau yaitu per porsi yang berisi 10 biji di jual dengan harga Rp 7.500 saja.

5. Docang ibu Kapsah

Docang Ibu Kapsah adalah Docang yang terkenal di Cirebon banyak bahkan sampai di luar daerah. Docang ibu kapsah sendiri berlokasi di Jalan Siliwangi lebih tepatnya ada di seberang jalan pintu masuk stasiun kereta api kejaksaan kota Cirebon.

Docang Ibu Kapsah memiliki rasa yang khas dari pada docang lainya, khusus untuk kuahnya sendiri Docang Ibu Kapsah memiliki kuah yang pekat jadi lebih terasa nikmatnya dari pada docang lainya. Alasan lainya mengapa warung docang rame adalah karena memang rasanya yang juara, soal harga juga menjadikan pengunjung datang kembali  ke warung ini. Harga per porsinya Docang ini Rp 7.000.

6. Mie Koclok Panjunan

Mi Koclok Panjunan berada di kawasan jalan pekarungan,untuk menuju kesana tidak lah sulit karena warung ini sudah terkenal di warga sekitar. keunikan dari mi koclok ini adalah kuahnya yang kental bahkan hampir mirip dengan bubur karena terbuat dari sagu.

Selain itu ada sederet kumpulan komponen lainya yang membuat rasa mie ini semakin nikmat, seperti kaldu ayam, potongan telur rebus, taburan bawang goreng, merica, garam dan sambal. Seporsi mi koclok panjunan ini di jual dengan harga Rp 15.000 saja.

7. Sate Kalong Pak Karyadi

Nah, jangan berpikir kalau sate kalong itu di buat dengan daging kalong ya. Bukan sate ini sendiri terbuat dari daging kerbau. Mengapa dinamakan sate kalong karena sate ini umumnya buka di malam hari, itulah sebabnya di namakan sate kalong. Sate Kalong Pak Karyadi cukup legendaris di kota Cirebon, selain rasanya yang enak, sate kalong ini adalah usaha turun temurun dari sang Kakek,yang sudah sudah ada sejak tahun 1960.

Di Tahun 1966, sate kalong beroperasi tetap di Pecinan tepatnya di area pasar Kanoman, saat ini di pegang oleh pak karyadi selaku pemilik terdahulu. Nah jika anda tertarik mencoba makanan legendaris khas Cirebon yang satu ini, langsung aja ke tempatnya di Jalan Pecinan Area Pasar Kanoman lebih tepatnya berada di depan BRI unit kanoman, kota Cirebon.

Sate kalong ini di bandrol dengan harga per porsinya untuk sate daging manis yaitu Rp 20.000 per 10 tusuk sate daging manis dan yang untuk sate dengkil asin per porsi di hargai dengan Rp 10.000 per 10 tusuk sate dengkil asin.

8. Rujak Kangkung Dadakan Ibu Deni

Rujak kangkung dadakan ini berlokasi di jalan perjuangan kota Cirebon atau tepatnya di seberang Kampus IAIN syekh Nurjati Cirebon. Rujak kangkung dadakan ini mempunyai ciri khas penyajian kangkung yang di rebus cara mendadak ketika ingin di sajikan, selain itu mempunyai sambal yang khas di buat langsung oleh pemiliknya dengan racikan yang tidak boleh di ketahui umum. Seporsi rujak kangkung ini dihargai dengan Rp 5.000 saja.

9. Pedesan Entog Mas Nana

Salah satu makanan khas Cirebon adalah pedesan entog, Pedesaan Entog Mas Nana cukup terkenal di kota Cirebon. Pedesan entog ini berlokasi di Jalan Fattahilah No 80, Blok Kewung, Mega Grade Kecamatan Weru Kabupaten Cirebon. Harga per porsinya pedesan entog ini di hargai dengan Rp 30.000 saja, dengan daging entog yang berkualitas dan rasa yang mempunyai ciri khas, harga yang di tawarkan cukup terjangkau.

10. Bubur Lurah Khas Cirebon

Bubur Lurah Khas Cirebon sangat legendaris di Cirebon, saking terkenalnya gerai ini membuka berbagai cabang. Kedai bubur lurah ini buka pukul jam 05.30 WIB sampai pukul jam 11.00 WIB, bubur ini mempunyai kaldu yang sangat khas berwarna kuning dengan rasa yang nikmat sehingga banyak orang menyukai bubur ini. Bubur berlokasi di Sunyaragi Kecamatan Kesambi Kota Cirebon.

Nah itu berbagai kuliner khas Cirebon yang sangat legendaris yang wajib anda coba ketika berada di Cirebon, semoga informasi tersebut bisa anda jadikan referensi kuliner ketika berada di Cirebon.

Mungkin, dalam hati anda ada yang berkata “kok gak ada bubur sop” atau, “kok gak ada..” silakan komentar pada kolom dibawah ini untuk menambahkan dan memperkenalkan kulineran cirebon yang mungkin terlewat